oleh

Pengaruh Berbisnis Dalam Pondok Pesantren Terhadap Lulusan Para Santri

Opini
Oleh Tika Sartika Al-fadilah
Siswi SMK Al-Mukhtariyah

Ide berbisnis sekarang ini banyak sekali dilakukan di berbagai penjuru dunia khususnya di Indonesia. Tidak sedikit orang berhasil dan sukses dari jalan berbisnis karena jalan berbisnis merupakan jalan alternatif dalam mencari penghasilan dengan cara sedikit cara tenaga yang dikeluarkan dengan hasil yang melimpah.Kemudahan inilah yang menarik seseorang untuk terjun ke dunia perbisnisan yang tak pandang waktu dan usia. Menurut sebagian orang juga berbisnis itu lebih mudah daripada bekerja di kantor -kantor yang tak seberapa hasil yang dinikmatinya.

Berbisnis di era zaman dahulu identik dilakukan oleh kaum muda dan terpelajar tetapi tidak untuk di era zaman sekarang yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai bakat dan minat dalam dunia perbisnisan dan tidak mengenal apakah itu kaum muda ataupun tua, apakah itu kaum terpelajar atau tidak. Apalagi di era zaman sekarang ini yang serba canggih menjadi seorang pebisnis itu tidak harus melalui sarana belajar terlebih dahulu.Apabila kita ingin mengetahui bagaimana cara menjadi seorang pebisnis itu kita cukup buka situs internet dan di situs internet tersebut akan terdapat pedoman untuk menjadi seorang pebisnis.

Akibat dari kemajuan dan kecanggihan teknologi dunia informasi, berbisnis itu tidak hanya dilakukan oleh orang luaran saja yang mempunyai taraf pendidikan yang tinggi tetapi orang orang yang tidak mengenyam sama sekali dunia pendidikan seperti orang orang yang ada di pondok pesantren itu kan sangat identik tidak mengenyam pendidikan dunia sekolah sama sekali karena mereka hanya memfokuskan dirinya kepada dunia pendidikan agama saja. Tetapi karena ada bakat dan minat dalam dunia perbisnisan mereka bisa mengaji sambil berbisnis. Lantas apakah berbisnis sambil mengaji itu membawa dampak yang positif ? Ataukah malah membawa dampak negatif bagi pondok pesantren atau lulusan para santri?

Segala bentuk apapun itu yang namanya kegiatan pasti akan selalu membawa dampak negatif dan dampak positif tidak terkecuali berbisnis sambil mengaji itu ada dampak sisi positifnya dan ada juga dampak dari sisi negatifnya diantaranya :

Dampak Positif
-Mempunyai uang saku sendiri
-Memperingan beban orang tua dalam hal pembiayaan
-Mempunyai wawasan yang luas tentang dunia perbisnisan
-Peluang untuk lebih lama berada di pondok pesantren terjamin

Dampak negatif
– Lebih banyak menghabiskan waktu untuk berbisnis di banding waktu untuk mengaji

– Lebih memprioritaskan berbisnis di banding dengan belajar ilmu agama
– Bisa memberikan pengaruh negatif kepada para santri yang ada di pondok pesantren untuk peluang berbisnis daripada peluang mengaji.

Peluang berbisnis itu sangat banyak, tetapi tidak mudah dilakukan untuk para santri yang keberadaannya masih berada di pondok pesantren yang masih harus mengimbangi waktu untuk bisa berbisnis dan berbisnis di dalam pondok pesantren itu tidak cocok untuk dilakukan kepada para santri yang masih berada di bawah umur.

Status sebagai santri ada keinginan untuk berbisnis itu sangat bagus tetapi terlebih dahulu kita harus memperhatikan sisi negatif dari berbisnis dalam pondok pesantren .

 

Artikel ini merupakan opini dari netizen
Penulis : Tika Sartika Al-fadilah
Siswi SMK Al-Mukhtariyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed