oleh

Festival Bambangan Cakil 2020 Akan Digelar

BLORA, KAPERNEWS.COM – Acara Festival Bambangan Cakil akan digelar pada 20-31 Desember 2020 di Desa Pengkoljagong turut Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bambangan Cakil merupakan tarian kreasi yang menceritakan tentang pertarungan Arjuna melawan raksasa Buta Cakil. Secara umum, tarian ini menggambarkan antara kebajikan melawan kejahatan, di mana Arjuna akan memenangkan pertarungan epik tersebut.

Dijelaskan bahwa Festival Bambangan Cakil 2020 merupakan agenda kesenian Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang telah direncanakan sejak pertengahan 2020 lalu.

“Festival ini menampilkan para penari dari berbagai penjuru tanah air yang juga akan menunjukkan kebolehannya menarikan tarian khas nusantara,” kata Sugiyono, Kepala Desa Pengkoljagong, Kamis (17/12/2020).

Untuk memastikan festival ini tetap berlangsung meski di tengah situasi pandemi, penyelenggara acara merumuskan format acara dengan tetap menaati protokol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

“Ada beberapa hal yang belakangan ini kita lakukan. Kita optimalkan di pembatasan kerumunan dengan sistem pemberlakuan tiket masuk,” jelasnya.

Penambahan masker masih terus diupayakan, termasuk berkomunikasi dengan dinas kesehatan untuk ketersediaan tenaga kesehatan dan sejumlah alat kesehatan selama acara berlangsung.

“Meski dilakukan sejumlah pembatasan oleh penyelenggara kegiatan, para pecinta seni tak perlu berkecil hati. Festival tari yang diikuti para seniman nusantara ini tetap dapat disaksikan melalui video streaming,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Bambangan Cakil 2020, Ninda A Wiguna memastikan pihaknya telah melakukan uji coba video streaming. Hingga kini, tidak ada kendala yang berarti. Kualitas gambar dan suara tidak mengecewakan. Namun demikian, panitia juga tidak melarang jika para pecinta seni hendak berkunjung ke lokasi acara, dengan catatan membeli tiket dan melakukan pengecekan kesehatan.

“Informasi terkait tiket acara dapat menghubungi panitia, atau mengunjungi halaman facebook Pengkoljagong Sapta Pesona. Masukan dari semua pihak sangat kami harapkan demi suksesnya festival ini,” ujarnya.

Festival Bambangan Cakil 2020 terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Desa Pengkoljagong dengan Karang Taruna desa setempat.

“Kami atas nama Karang Taruna Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi atas acara ini. Selain sebagai wujud uri-uri budaya, even ini juga merupakan media branding menuju destinasi paket desa wisata di Blora Selatan,” pungkas Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed