oleh

Punggawa Adalah Kata yang Sangat Akrab di Telinga Kami

Penulis : Farham Arsyad

Orang Tua Kami yang berprofesi sebagai Nelayan yang menggunakan Lopi Sandeqlah yang kerap memperdengarkan kata itu….

Nelayan Mandar yang bermalam di tengah laut puluhan hari (Potangnga) mengharuskan mereka menyepakati struktur tanpa tertulis, sehingga urusan dan usaha mereka dapat berjalan dengan baik dan benar.

Mengemudikan Perahu Layar (Lopi Sandeq) Kebanggaan Suku Mandar itu tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan kecakapan khusus, serta saling pengertian antara ” Punggawa”, dan “Sawi”.

Dalam pelayarannya, Punggawa berada di tempatnya dan Sawi pun berada pada tempatnya. Dan Punggawa diberikan kepercayaan full untuk menggunakan kecerdasan serta skill nya, para Sawi pun Hormat, Tunduk dan Patuh melaksanakan perintah Punggawa, di salah satu kondisi inilah komunikasi antara Sawi dengan Punggawa terjadi, dimana Sawi menyebut bosnya dengan panggilan “Punggawa”, dan Punggawa memanggil sang Sawi dengan sebutan “Gawa”.

Sebelum 9 Desember 2020 yang lalu, kata Punggawa cukup Menggema di wilayah Pasangkayu, tentu Punggawa ini bukanlah Punggawa sebagaimana cerita di atas, melainkan Punggawa yang dimaksud adalah Sang Pemimpin yang akan menjadi orang no.1 di Kabupaten Pasangkayu.

Dan hasilnya pun cukup memuaskan dimana Sang Punggawa benar benar berhasil memenangkan perebutan kursi DC 1 E. Yang secara syah dan resmi amanah rakyat itu dipikul pada tanggal 26 Pebruari 2021.

Alhamdulillah, hari ini…! Tepat 8 Hari Pemerintahannya adalah hari yang cukup membahagiakan beliau sang Punggawa beserta keluarga besarnya, dimana Tanggal 6 Maret adalah tanggal kelahiran Sang Punggawa…!!!

#Selamat Bertugas Punggawa…!!!
#Selamat Ulang Tahun Punggawa…!!!
#Selamat Ulang Tahun Bapak Yaumil Ambo Djiwa, S.H
# Selamat Ulang Tahun Bapak Bupati Pasangkayu periode 2021 – 2026

Penulis adalah Alumni Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2003 – 2004
dan pernah menjabat  sebagai Presiden Mahasiswa (PRESMA) Universitas Tadulako

Publisher : Andi Aswan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed