oleh

Sub Bojong Malaka Sektor 7 Satgas Citarum Harum Panen Kangkung Bersama Warga

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Pemanfaatan bantaran Sungai Citarum di wilayah Sektor 7 oleh anggota Sub Bojong Malaka bersama warga masyarakat setempat terutama Ibu-ibu yang selalu melaksanakan kegiatan penanaman sayur-sayuran, palawija, hidroponik, apotik hidup dan budi daya ikan.

Pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marsiano mengatakan, ” Sektor 7 Sub Bojongmalaka dipimpin Serda Bagyo, bersama 30 orang anggota Sub Sektor dan warga masyarakat terutama ibu-ibu dari RW. 07 Kampung Ciodeng, Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (2/6/2021).

Pelaksanaan panen menghasilkan 70 Kg kangkung di Lahan Bios Sub Bojong Malaka bantaran Sungai Citarum. Di Sub Bojong Malaka ini sudah beberapa kali dilaksanakannya panen, sebelumnya panen cabe, kacang tanah dan masih banyak lagi tanaman sayuran.

Menurut Dansektor 7, ” panen ini bertujuan agar masyarakat mendapat manfaat dan mau terlibat langsung dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya, serta ikut aktif dalam hal penanaman, pemeliharaan sampai dengan panennya “.

” Penamanan, pemeliharaan dilanjutkan panen yang dilakukan oleh Sub Bojong Malaka bukan hanya sekedar memanfaatkan lahan bantaran dan menjaga aliran Sungai Citarum saja, tetapi ditanamkan juga pengetahuan yang merupakan bagian dari program ketahanan pangan. Dengan ketersediaannya pangan menjadi salah satu sumber kehidupan manusia untuk menunjang kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat setempat.

” Adapun pembelajaran yang dapat diambil dari hasil panen tersebut adalah sebagai wujud bentuk edukasi dan penyadaran pada masyarakat setiap kegiatan tanam, pemeliharaan dan hingga panen. Sedangkan proses penanamannya selalu menggunakan Bios 44 untuk menyuburkan lahan tanaman tersebut. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed