oleh

Peringati Sumpah Pemuda, Kelurahan Kauman Adakan Lomba Mural

BLORA, KAPERNEWS.COM – Terus berinovasi membuat terobosan baru, dengan memanfaatkan media luar ruang berupa mural menyasar pegiat seni dengan menggelar perlombaan mural bertemakan “Sumpah Pemuda.” Karya seni berupa tulisan dan gambar pada tembok luar rumah yang berada di titik strategis serta mudah dilihat oleh masyarakat umum yang bertempat di Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora, Jawa Tengah, Minggu (7/11/21).

Kepala Kelurahan Kauman Marthin Ukie Andana, M.Si mengungkapkan kegiatan lomba mural ini berisi pesan positif kepada masyarakat sekitar terlebih kepada pengendara yang lewat. Lomba dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Sabtu dan Minggu di RT.04/RW.02 Kelurahan Kauman.

Salah satu mural karya peserta

“Terselenggaranya lomba mural ini, disponsori Rokok Divo dari PT. Djarum dengan tema “Sumpah Pemuda,” terangnya.

Dikatakannya ini merupakan apresiasi sebagai media publikasi dan sosialisasi di lingkungan masyarakat. Ada sekitar 13 peserta yang mengikuti lomba mural. Sebagian besar warga Blora dan ada satu peserta yang dari luar yakni Kota Karawang.

“Dengan lomba mural ini, lingkungan jadi asri dan lebih indah, dan untuk pegiat seni mural karyanya bisa dilihat masyarakat,” terangnya.

Salah satu peserta seni mural yaitu Hari yang akrab dipanggil Timpleng, pemuda asal Desa Pakis ini mengatakan alasannya mengikuti lomba mural ini karena suka dengan seni.

“Saya suka dengan kesenian mural dan bisa kumpul dengan sedulur seni,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, ini yang ketiga kalinya mengikuti perlombaan dan sudah menyabet juara. Untuk pertama kali sebagai juara favorit, kedua juara tiga di desa Pengkoljagong dan ini event mural yang ke tiga.

“Pesan moral yang saya sampaikan dengan lukisan mural ini, kita sebagai generasi penerus bangsa dalam momen Sumpah Pemuda supaya jangan pernah lupakan sejarah bangsa,” ungkapnya.

Pemenang dalam lomba mural RT.04/RW.02 untuk Juara Pertama diraih oleh Tim Maju Mapan kreatif dari Desa Bangsri, Juara Dua Ikhsan Trisnawan dari Kelurahan Tambahrejo, Juara Ketiga dimenangkan oleh Gaus dari Rengasdengklok Kabupaten Karawang dan terakhir Domas Candra dari Kelurahan Kauman meraih juara favorit dipilih secara voting.

Selain mendapatkan tropi dan piagam penghargaan, setiap pemenang mendapatkan uang tunai. Khusus juara favorit hanya mendapatkan satu pres rokok Divo. Selain itu semua peserta mendapatkan sertifikat sebagai peserta kecuali Juara 1, 2 dan 3.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed