oleh

Erosi Sungai Moi Ancam Rumah Warga, Budia : Minta Pihak Terkait Untuk Membantu

PASANGKAYU, KAPERNEWS.COM –Erosi yang membuat sungai Moi  menganga ratusan meter di Dusun Moi Desa Pakawa Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), membuat rumah warga terancam amblas. Kondisi itupun membuat badan jalan Desa yang menjadi batas areal perkebunan PT.Pasangkayu terancam terputus.

“Erosi sungai Moi sudah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu. Sekarang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan,” ujar salah satu tokoh masyarakat Desa Pakawa yang bermukim tak jauh dari titik lokasi abrasi sungai, Budia, Jum’at 12 Nopember 2021.

Budia menyebutkan, erosi akibat deras air sungai Moi tersebut menurutnya semakin hari semakin melebar, bahkan mulai merengsek ke pemukiman warga. Bahkan bila dibiarkan berlarut, bila terjadi banjir, air sungai akan menyeberang jalan dan memasuki areal perkebunan PT. Pasangkayu.

” Semula gerusan air itu hanya sendikit saja. Namun karena tidak diantisipasi, maka semakin bertambah dan bahkan mulai masuk ke perkampungan warga. Kalau ini dibiarkan, bisa mengancam pemukiman kami. Makanya kami berharap agar yang terkait dengan masalah bisa membantu agar tidak menimbulkan kerugian bagi warga nanti,” tandas Budia.

Budia yang akrab disapa Bapak Illang ini kalau tebing Sungai Moi tinggi sehingga akibat dari gerusan air juga agak luas. Sehingga harus dilakukan dengan menggunakan alat berat. Masyarakat setempat tidak mungkin mengatasi sendiri akibat erosi ini.( LS/ASW )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed