oleh

Blora Konsisten Usulkan Gelar Pahlawan Nasional Untuk Pocut Meurah Intan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora, H. Arief Rohman terus konsisten mendukung pembangunan dan usulkan gelar pahlawan nasional untuk Pocut Meurah Intan.

Setelah beberapa waktu lalu Gubernur Aceh dan sejumlah OPD, kini bergantian datang dari rombongan DPRA Provinsi Aceh datang bersilahturahmi dan ziarah makam Pahlawan Aceh Pocut Muerah Intan, Kamis (9/6/2022).

Saat menerima kunjungan di Rumah Dinas Bupati Blora, Bupati Arief menyatakan, Pemerintah Kabupaten Blora sudah menganggap bahwa Pocut Meurah Intan juga merupakan keluarga besar Blora. Pemkab mendukung adanya pembangunan makam Pocut Meurah Intan.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si. saat menerima rombongan DPRA Provinsi Aceh

“Pocut Meurah Intan sudah menjadi keluarga besar kita. Ketika ada keluarga saudara yang berkunjung ke Blora ini kita muliakan dan kita hormati,” terangnya.

Ditandaskan Bupati, Pemkab akan terus mendukung dan mendorong untuk pembangunan makam hingga usulan gelar pahlawan.

“Intinya kita akan mendukung proses usulan menjadi pahlawan Nasional agar seperti (Cut Nyak Dien) pahlawan dari Aceh lainnya yang di Sumedang, kita juga nantinya menyiapkan tim untuk bagaimana kita ikhtiar untuk anugerah pahlawan nasional untuk Pocut Meurah Intan,” ucap Bupati.

Termasuk, lanjutnya, potensi ke depannya pihaknya juga membayangkan lokasi itu akan menjadi wisata ziarah wisata kebudayaan.

“Saya meminta jajaran OPD di Blora segera membentuk tim untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dan pihak keluarga,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Aceh untuk memuliakan makam almarhumah Pocut Meurah Intan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadirannya kembali di Blora untuk kedua kalinya, Pak Kepala Dinas sudah dua kali, Pak Gubernur Aceh sudah ke sini sekali, dan ini dari legislatif dan nanti kita jadwalkan untuk silaturahmi ke Aceh,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemerintah Aceh, melalui Ketua Komisi III DPRA, Khairil Syahrial, ST, MAP mengatakan kunjungannya ke Blora ingin silahturahmi pada Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M,Si dan berziarah ke makam Pocut Meurah Intan.

Perbincangan yang hangat di rumah dinas Bupati Blora

“Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Bapak Bupati dan kita akan bekerjasama dengan Pemkab Blora untuk pemugaran makam pahlawan kita, ” imbuhnya.

Khairil menjelaskan pihaknya akan mendukung penuh terhadap program pengajuan sebagai Pahlawan Nasional, karena saat itu beliau sangat gigih hingga akhirnya diasingkan ke Blora ini.

“Langkah terdekat ini kita akan buat tim yang bekerja untuk percepatan terhadap status kepahlawanan Pocut Meurah Intan dan kita juga akan menganggarkannya,” tandasnya.

Perlu dibuat tim percepatan terhadap status kepahlawanan Pocut Meurah Intan

Lanjutnya, pihaknya juga mengapresiasi perhatian Pemerintah Kabupaten Blora terhadap area makam Pocut Meurah Intan.

Saat ini, pemerintah provinsi Aceh dan Pemkab Blora terus berupaya agar Pocut Meurah Intan bisa menjadi Pahlawan Nasional, hal ini tentu tak lepas dari perjuangan Pocut melawan penjajah kolonial hingga akhirnya diasingkan di Blora hingga wafat dan dimakamkan di Blora, Jawa Tengah.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed