oleh

Inginkan Pramuka Back To Basic, Kwarcab Gelar Orientasi Kepramukaan Buat Kepala Sekolah

BLORA, KAPERNEWS.COM – Orientasi Kepramukaan bagi majelis pembimbing gugus depan di Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora Tahun 2022 dilaksanakan di SMAN 2 Blora, Jawa Tengah, Senin (20/6/2022).

Kak Slamet Pamudji sebagai Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora memaparkan, Kwarcab Blora bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Korwil IV Jawa Tengah yang ada di Purwodadi serta Kantor Kemenag menyelenggarakan orientasi kepramukaan bagi para Kepala Sekolah yang ex-officio sehari-hari adalah ketua majelis pembimbing gugus depan masing-masing sekolah.

Kak Slamet Pamudji (paling kiri) Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora

“Tujuannya supaya ada pemahaman yang sama, ini kan mungkin ada beberapa kepala sekolah yang baru dan beberapa mutasi, saya ingin bahwa kegiatan Pramuka ini adalah back to basic,” paparnya.

Kak Slamet menambahkan, basicnya adalah di Gugus Depan (Gudep).

“Setiap kegiatan Pramuka adalah di Gugus Depan, bukan di Kwarcab, Kwartir dan Kwarta, orientasi untuk semua Kepala Sekolah di tingkat kabupaten,” terangnya.

Sementara itu, Ka Kwartir Blora Subandiyanto mengatakan, kegiatan organisasi kepramukaan yang utamanya ditujukan ke Kamabigus untuk kegiatan para peserta didik.

“Yang punya sekolah ditujukan langsung ke sekolah-sekolah yang mempunyai peserta didik, sasaran pendidikan kepramukaan untuk meningkatkan karakter anak sebagai calon pemimpin bangsa, karena itu tujuan langsung dengan sasaran anak melalui kepala sekolah,” pungkasnya.

Selaku Sekretaris Kwarcab dan Pemateri Orientasi Kepramukaan Kak Karyana menyampaikan, untuk materi pertama fundamental Kepramukaan, yang kedua adalah metode kepramukaan serta prinsip dasar kepramukaan, fungsi peran gugus, studi kasus dan refleksi dan diakhiri dengan penutup.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed