oleh

Kerjasama dengan BKKBN, Edy Wur Promosi dan KIE Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Edy Wuryanto bekerjasama dengan BKKBN Provonsi Jawa Tengah mitra kerja menggelar kegiatan Promosi dan KIE Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Blora. Bertempat di Pendopo Balai Desa Sambongrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Rabu (16/11/2022).

Ketua Tim Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Farida Sumarlin memaparkan, bagaimana dengan ibu hamil juga bisa beresiko menghasilkan anak stunting apabila hamilnya terlalu muda atau terlalu tua dan tidak memeriksakan kehamilannya secara teratur.

“Makanya didalam hubungannya keluarga berencana dengan stunting, hamil itu tidak boleh terlalu muda dan terlalu tua. Oleh karena itu baru yang memiliki bayi sebaiknya ber KB agar tidak terjadi banyak anak, baru melahirkan dan hamil lagi itu bisa terjadi stunting dan kasihan juga terhadap bayinya,” terangnya.

Lebih lanjut, untuk mengatasi stunting juga perlu adanya asupan gizi yang cukup baik dari ibu hamil dan juga anak-anak balita sehingga ke depan dapat mencetak sumber daya manusia yang cerdas dan kuat.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, H. Edi Wuryanto memaparkan, dengan adanya pemberian sosialisasi ini ia berharap agar warga desa Sambongrejo lebih paham dan mengerti bagaimana penyebab dan juga cara mengatasi stunting terutama bagi keluarga dan juga orang lain.

“Ini bagian dari produk aspirasi untuk mereka. Blora terdapat 21,6% lebih sedikit dari angka provinsi 20,8%, memang masih 24% namun demikian Blora harus terus turun di 2024 bisa 14%. Kerja keras anggota DPR RI komisi IX yang harus turun gunung langsung untuk memberi edukasi kepada masyarakat pada stakeholder,” terangnya.

Lebih lanjut, karena sesungguhnya Kabupaten Blora ini kaya, gemah ripah loh jinawi, semua sumber makanan ada, jadi penting untuk warga mengendalikan pola makan yang bergizi seimbang. Dengan kegiatan hari ini say harap mudah-mudahan ada penurunan kasus terjadinya stunting.

Di sisi lain, Kepala Desa Sambongrejo, Siswadi mengucapkan, terimakasih atas kehadiran anggota Komisi IX DPR RI, H. Edy Wuryanto bersama dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat dalam acara promosi dan KIE program percepatan penurunan stunting di wilayahnya.

“Selain pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting bagi warga Desa Sambongrejo agar dapat mengetahui akan penyebab dan bagaimana dalam mengatasi masalah stunting ini,” ujarnya.

Siswadi menambahkan, terimakasih atas kehadiran bapak Edy Wuryanto beserta rombongan dari BKKBN yang telah hadir di Desa Sambongrejo ini dengan membawa pengetahuan yang saya kira dapat sebagai ilmu bagi warga Sambongrejo terutama dalam permasalahan stunting .

Hadir dalam acara, H. Edy Wuryanto, anggota komisi IX DPR RI,  anggota DPRD Provinsi Rini, anggota DPRD Blora Lina, Perwakilan BKKBN provinsi Jawa tengah Farida, SUHARTO, Camat Tunjungan, Siswadi kepala desa Sambongrejo, Forkopincam, Danramil, Kapolsek dan tamu undangan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed