oleh

Peran PT Sentul City Tbk dalam Mendukung Keberlanjutan Desa Bojongkoneng sebagai Model Kontribusi Perusahaan untuk Masyarakat Lokal

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Jumat, 1 September 2023, mahasiswa IPB University telah melakukan wawancara terkait peran stakeholder PT Sentul City Tbk terhadap eksistensi Lamban Langgakh (rumah panggung) dalam pengembangan Desa Bojongkoneng yang terletak di Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tim yang tergabung ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) ini beranggotakan Adinda Rizki Putri Sulistiyanto (ESL), Daffa Ibra Danendra (ESL), Farrel Gilbran (Statistika), Dirgam Dapa Haidar Saparilla (SKPM), dan Dita Kurnia (KSHE). Tim didampingi oleh Bapak Ir. Nindyantoro, MSP dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan.

Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa PT Sentul City Tbk memiliki dampak yang signifikan dalam mendukung keberlanjutan dan perkembangan desa tersebut namun tidak mengetahui keberadaan Lamban Langgakh (rumah panggung) yang tersisa hanya hitungan jari saat ini. Meskipun PT Sentul City Tbk tidak secara langsung terlibat dalam eksistensi Lamban Langgakh (rumah panggung), mereka telah berkontribusi melalui pengelolaan hak kepemilikan lahan yang telah diinvestasikan dalam wilayah Desa Bojongkoneng selama dua dekade terakhir. Ini telah menciptakan stabilitas ekonomi bagi masyarakat desa dan memberikan mereka peluang untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Salah satu aspek penting dalam peran PT Sentul City Tbk adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mereka jalankan. Tim PKM RSH Didanai menemukan bahwa PT Sentul City Tbk aktif dalam memberikan dana CSR kepada Desa Bojongkoneng setiap bulan. Dana digunakan untuk mendukung pengembangan desa, baik melalui insentif langsung maupun metode penyaluran lainnya. Hal ini mencakup program-program pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang berdampak positif pada masyarakat setempat.

Selain itu, PT Sentul City Tbk juga memberikan kesempatan lapangan kerja kepada warga Desa Bojongkoneng. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan ekonomi lokal dan memberikan peluang kepada masyarakat untuk bekerja di lingkungan mereka sendiri. Dengan cara ini, PT Sentul City Tbk tidak hanya menjadi pemilik lahan, tetapi juga menjadi bagian yang aktif dalam perkembangan ekonomi dan sosial Desa Bojongkoneng.

Secara keseluruhan, hasil wawancara dengan tim mahasiswa PKM RSH Didanai menyoroti peran penting PT Sentul City Tbk dalam mendukung pengembangan dan keberlanjutan Desa Bojongkoneng melalui investasi, program CSR, dan penciptaan lapangan kerja, PT Sentul City Tbk telah membantu menciptakan peluang dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Ini adalah contoh positif tentang bagaimana perusahaan dapat berkontribusi secara berkelanjutan terhadap komunitas di sekitarnya.

Tim PKM RSH IPB University

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed