oleh

Hadirkan Hunian Gratis untuk Mahasiswa, Rektor IPB University Resmikan Rumah Sigap Armada (RSA)

BOGOR, KAPENEWS.COM – Tanggal 17 Agustus 2023 tidak hanya menjadi waktu untuk merayakan kesuksesan perjuangan yang panjang, tetapi juga mengingatkan kita akan nilai-nilai kemerdekaan, nasionalisme, dan persatuan yang diwariskan oleh para pahlawan.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum untuk memupuk semangat nasionalisme dan persatuan di tengah-tengah keragaman budaya, suku, dan agama. Di hari bersejarah inilah, Rumah Sigap Armada (RSA) sebagai hunian bagi mahasiswa IPB University diresmikan oleh rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si ditandai dengan penandatanganan pada Prasasti Peresmian  RSA Putra dan Putri.

’’Program asrama kami bersifat komplementer untuk mendukung tagline IPB University yaitu Inspiring Innovation with Integrity. Oleh karena itu, kami meletakkan 3 nilai utama sebagai nilai dasar RSA, yaitu Integrity, Respect, and Tolerance.’’ tutur Bambang Sumaryanto selaku Penanggung Jawab RSA pada sambutannya.

Visi RSA yaitu menjadi wadah yang melahirkan sosok intelektual yang memiliki kepekaan sosial dan berintegritas serta inspirator bagi lingkungannya. Misi yang diterapkan tentu tidak jauh dari visi yang dicanangkan diantaranya yaitu membangun karaker berintegritas dan penuh percaya diri melalui pendampingan dan pelatihan, membangun komunitas dan menyediakan hunian yang mampu menumbuhkan sikap toleransi serta kemampuan kolaborasi dan leadership, serta gali dan asah potensi melalui peningkatan soft skill.

Rumah Sigap Armada merupakan asrama mahasiswa yang diinisiasi oleh alumni IPB angkatan 17 (Armada). Armada berhasil menggalang dana dari para alumni serta donasi pihak ke-3, diantaranya berasal dari PT Perkebunan Negara (PTPN) III. Dengan dukungan berbagai pihak, akhirnya Armada dapat menyediakan 3 hunian dengan kapasitas 46 orang dan satu diantaranya untuk Putri (RSA2) dengan kapasitas 16 orang. RSA 1 berlokasi di Babakan Lebak, sedangkan RSA 2 dan RSA 3 berlokasi di Perumahan Dosen IPB Kampus Dramaga.

Dalam Acara Peresmian yang dilaksanakan di Asrama RSA tersebut, dilakukan pemotongan kue yang diserahkan oleh Wakil Rektor 1,  Prof. drh. Deni Noviana, Ph.D kepada saudara Muhamad Adhan dan saudari Ninda Riska Amiati selaku perwakilan dari penghuni asrama. Acara yang berlangsung di Perumdos IPB Darmaga ini turut dihadiri oleh warga lingkungan perumahan dosen serta tamu undangan Armada.

Asrama RSA bukan hanya sebagai hunian semata, tetapi juga difungsikan sebagai tempat mengasah potesi penghuni melalui pendidikan informal. Dalam asrama, penghuni dapat saling belajar dan berbagi pengetahuan, meningkatkan keterampilan hidup, dan mengembangkan kepribadian. Peresmian asrama menjadi simbol transformasi dan komitmen dalam membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Peresmian ini menjadi titik awal dari perjalanan baru yang penuh harapan, setiap tindakan dan keputusan yang diambil memiliki tujuan bersama dalam mendorong penghuni asrama untuk mencapai prestasi lebih tinggi dan meraih kesuksesan yang berkelanjutan dalam kehidupan. Dengan demikian, RSA diharapkan dapat menjadi lingkungan yang positif dan mendukung mahasiswa untuk memperoleh inspirasi dalam menggali dan mengasah potensi yang dimiliki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed