oleh

Kemarau Panjang Kasus Kebakaran di Bandung Barat Meningkat

BANDUNG BARAT, KAPERNEWS – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Bandung Barat menyebut, peristiwa kebakaran selama musim kemarau ini cukup meningkat.

Kepala Damkar KBB, Siti Aminah Ansoriah menyatakan, sejak musim kemarau peristiwa kebakaran di Bandung Barat cukup tinggi. Belum lama ini, si jago merah mengamuk baik siang maupun malam.

“Seperti kemarin saja sampai 11 kejadian kebakaran sehari, bahkan sampai tengah malam juga sekarang suka ada kejadian. Selama musim kemarau ini meningkat kejadian kebakaran,” kata Siti kepada wartawan, Sabtu (30/9/2023).

Menurut Siti, sebenarnya yang membuat kewalahan petugas Damkar KBB peristiwa kebakaran ia dengan kurun waktu hampir berbarengan.

“Jadi belum selesai di satu tempat kejadian, udah ada kejadian lagi di tempat lain. Sementara mobil pemadam kita hanya memiliki 8 unit,” ujarnya.

Dari 8 unit mobil pemadam yang dimiliki KBB, 3 unit diantaranya stanbye di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti. Kemudian, 2 unit lagi mengalami kerusakan mesin sehingga tak bisa dipakai.

“Jadi tinggal 3 unit mobil pemadam lagi. Ketiga unit mobil itu adanya di Lembang, Padalarang dan Cililin. Jadi bukan Damkar tidak turun tapi karena banyak kejadian kebakaran, jadi istilahnya ada daftar tunggu,” paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya tetap berupaya maksimal dalam menangani setiap adanya peristiwa kebakaran di Bandung Barat dengan unit kendaraan yang ada.

“Dari 16 kecamatan di KBB, hampir semua berpotensi rawan kejadian kebakaran. Karena kan semuanya kering,” ucapnya.

Oleh karena itu, Siti mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa berhati-hati dari segala hal yang dapat menimbulkan kejadian kebakaran.

“Jika masih pakai tungku api dan membakar sampah jangan ditinggalkan menyala. Jadi segala macam yang dapat menimbulkan api mudah-mudahan bisa diminimalisir,” pungkasnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed