oleh

Petani Situ Gede Praktik Langsung Menanam dengan Produk Inovasi Hidroponik ‘Sheeco’ Karya Tim PKM IPB

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor menggelar sosialisasi sekaligus mengenalkan produk inovasi media tanam ciptaannya. Bersama dengan petani hidroponik Kelurahan Situ Gede Kota Bogor, Jumat (22/9/2023).

Mahasiswa tersebut melakukan praktik menanam sayuran kangkung di Green House Situ Gede Kota Bogor. Mereka merupakan mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), diketuai oleh Dwi Indah Yulianti bersama 4 orang anggota, yaitu Iis Erlina, Nabiilah Syifa, Ridwan Lazuardi, dan Andika Hisyam Mahendra di bawah bimbingan Dosen Ir. Fahrizal Hazra, M.Sc.

“Kami berhasil menciptakan inovasi produk media tanam hidroponik bagi tanaman hortikultura dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mampu terdegradasi di alam,” ujar Andika Hisyam selaku anggota tim dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10/2023).

Produk berbahan dasar wol domba dan coco fiber dengan kombinasi pupuk NPK serta fungi Mikoriza arbuskular menjadikan Sheeco sebagai produk media tanam hidroponik all in one pertama di dunia yang berhasil diusung pada ajang perlombaan nasional, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Sambutan hangat dari para petani membuat tim kami yakin produk Sheeco akan dicintai oleh petani hidroponik di sini. Ridwan Lazuardi membuka kegiatan sosialisasi, disusul oleh pemaparan produk Sheeco oleh Dwi Indah Yulianti beserta demonstrasi menanam langsung untuk mempermudah pemahaman petani,” katanya.

“Kegiatan yang dihadiri oleh 10 orang petani hidroponik tersebut sukses menuai pujian. “Produk ini menarik dan inovatif karena media tanam ini sudah ada nutrisinya jadi tidak perlu menggunakan nutrisi dari AB Mix,” ujar Sanusi, salah satu petani hidroponik di Desa Situgede, Bogor.

Selain nutrisi yang terdapat pada media tanam Sheeco, kandungan lain seperti mikoriza turut menjadi kelebihan produk ini dibandingkan media tanam hidroponik rockwool.

Dalam bercocok tanam hidroponik, penggunaan rockwool sebagai media tanam dapat menimbulkan gangguan pernapasan dan iritasi kulit karena serat pada rockwoolberasal dari bebatuan yang diproses dengan suhu tinggi.

“Jadi, saya bersama tim telah melakukan survei di lahan hidroponik Agribusiness and Technology Park Institut Pertanian Bogor. Dari 20 responden, sebanyak 17 orang memiliki permasalahan pada rockwool seperti paparannya dapat menimbulkan iritas kulit serta gangguan pada saluran pernapasan,” kata Iis Erlina selaku anggota tim.

“Selain itu, 15 dari 20 responden mengatakan bahwa inovasi produk kami merupakan hal yang bagus dan mampu menjadi alternatif dari rockwool,” tambah Nabiilah Syifa selaku anggota tim.

Mengenal Sheeco

Sheeco hadir sebagai media tanam dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahan-bahan yang belum termanfaatkan dengan baik

Wol domba dapat mempertahankan kelembapan hingga 3,5 kali beratnya berkat sifat higroskopisnya (Ordiales et al., 2016). Sementara serat coco fiber dari serabut kelapa mampu menjaga air, mengandung unsur hara, dan merangsang pertumbuhan akar (Ayu et al., 2021).

  1. Mengandung nutrisi NPK yang baik bagi tanaman

Kandungan pupuk NPK pada Sheeco sudah sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Sheeco telah melakukan pengujian kandungan bahan di ICBB. Hasilnya menunjukkan kandungan unsur N, P, dan K pada Sheeco tergolong tinggi.

  1. Terurai di tanah dalam kurun waktu singkat

Setelah selesai digunakan, produk Sheeco dapat dibuang ke tanah dan dapat terurai di tanah dalam waktu 6 bulan. Hal itu karena Sheeco menggunakan bahan-bahan organik

  1. Digunakan lebih dari sekali pakai

Sheeco bisa digunakan berulang kali sesuai dengan jenis tanaman dan mudah dibersihkan, mengatasi masalah pembuangan seperti rockwool. Sheeco juga bisa digunakan menanam di tanah.

  1. Meningkatkan penyerapan hara

Produk Sheeco memiliki nilai tambah dengan menggunakan fungi Mikoriza arbuskular jenis Fumyco. Fungi ini meningkatkan penyerapan air, unsur hara (terutama fosfor), dan melindungi tanaman dari serangan hama serta penyakit.

Sheeco dapat dibeli melalui berbagai e-commerce seperti Shopee (Sheeco.id) dan Tokopedia (Sheeco.id). Akun sosial media juga turut menjadi media pembelian dan pemasaran Sheeco, di antaranya Instagram, TikTok, Facebook, dan Whatsapp, Untuk informasi dan pemesanan produk dapat dilihat pada akun Instagram (instagram.com/sheeco.id) dan Facebook (Sheeco UrbanTani).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed