oleh

Excellents Program Tim PKM IPB Berbasis Metode Montessori Ajarkan Anak Tunagrahita Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Excellents merupakan salah satu program PKM Pengabdian Masyarakat IPB University yang memiliki fokus dan tujuan untuk bisa mewujudkan peningkatan kesadaran akan Equality atau kesetaraan  terhadap anak-anak disabilitas, khususnya penyandang tunagrahita di SLB ABC Sejahtera Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 8 Agustus 2023.Bidang yang difokuskan pada program ini adalah tercapainya kesehatan dan kesejahteraan melalui penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kurangnya kesadaran akan keberadaan penyandang tunagrahita merupakan masalah utama yang sangat memerlukan tindakan. Hal tersebut tentunya menyebabkan banyak permasalahan seperti masalah kesehatan yang dialami penyandang tunagrahita.Bukan hal yang aneh ketika siswa siswi SLB ABC Sejahtera Bogor absen dari sekolah karena alasan sakit.Bahkan, hal yang mungkin jika dalam satu hari tidak ada satupun siswa yang masuk karena sakit.Hal tersebut tentu sangat dipengaruhi oleh pola hidup sehari-hari.

Excellents program merupakan suatu tindakan nyata dari bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap anak-anak penyandang tunagrahita. Program yang secara khusus dirancang untuk memberikan edukasi PHBS kepada anak-anak tunagrahita ini menggunakan metode montessori dalam penerapannya. Metode tersebut memfokuskan pada edukasi pengetahuan dan menekankan aplikasi perilaku hidup bersih dan sehat bagi anak tunagrahita yang dikemas dengan penyampaian yang interaktif dan inovatif menggunakan berbagai macam alat peraga yang menarik.

Program ini terdiri dari empat kegiatan utama.Bulan pertama merupakan tahap persiapan dan sosialisasi program yang dilaksanakan di SLB ABCD Sejahtera Bogor. Bulan kedua dan ketiga akan dilakukan kegiatan inti dengan berbagai sub program didalamnya. Sedangkan bulan keempat dan bulan kelima akan dilakukan proses monitoring, evaluasi program.

Tahap pertama yang dilakukan adalah persiapan dengan namaprogram What i need?berupa mengukur pengetahuan dan sikap awal siswa-siswi SLB ABC Sejahtera Bogor melalui pre test dan juga parent coaching.Lalu dengan berbagai informasi yang didapatkan, dilakukan program berikutnya yaitu Why is it?berupa pemberian edukasi kepada siswa-siswi. Selanjutnya adalah What Should i do? yang terdiri dari dua sub program yaitu Do this! Dan  Together we better! Pelaksanaan program ini berupa pemberian edukasi dan penekanan aplikasi perilaku hidup bersih dan sehat serta pentingnya pemenuhan gizi kepada siswa-siswi melalui permainan yang menarik dengan bantuan alat peraga yang inovatif.Tahap terakhir adalah Yes i got it!yang merupakan kegiatan apresiatif atas berpartisipasinya siswa-siswi dalam Excellents Program.

“Saya merasakan bahwa terdapat adanya perubahan dalam perilaku anak saya.Ada peningkatan akan kemauan untuk makan sayur di rumah, serta lebih sering menjaga kebersihan seperti mencuci tangan,” ujar salah satu orang tua dari siswi SLB ABC Sejahtera Bogor yang menjadi salah satu target Excellents program.

Selain itu, pengajar di SLB ABC Sejahtera Bogor memberikan tanggapan, “Terlihat adanya perubahan perilaku anak-anak di kelas, terutama mengenai menjaga kebersihan.Beberapa anak-anak bahkan memiliki perubahan cukup signifikan seperti sering membawa tisu dan memakai masker,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed