oleh

PPSI Limbangan Tunjukan Prestasi di Pestival Bela Diri Se-Garut

GARUT, KAPERNEWS.COM – Adanya pagelaran pestival seni bela diri Pencak Siat seri II antar paguron se Kabupaten Garut, merupakan bukti kecintaan masyarakat terhadap seni bela diri. Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PPSI) Kecamatan BL. Limbangan tampil memukau dan menghipnotis peserta dan penonton.

Selain mampu menghipnotis, PPSI Limbangan menjadi kecamatan dengan peserta terbanyak dalam event, tak tanggung 50 pesilat dari berbagai usia ikut tampil memeriahkan. Kata Rd. Adang Sudrajat Bustomi (ketua PPSI Limbangan).

Poto : salah satu anak didik sedang memperlihatkan kepiawaiannya

“Ya, dalam event ini, PPSI Limbangan mengikutsertakan 50 pesilat dari berbagai usia, mulai yang muda sampai yang sudah dewasa. Dan PPSI Limbangan menjadi peserta terbanyak dibandingkan kecamatan lain,” tandas Adang.

Lanjut Adang, di Limbangan memang banyak paguron (perguruan) pencak silat, diantaranya baru 38 paguron yang sudah kami data dan bersatu untuk melestarikan seni dan budaya ini.

“Adapun paguron yang saya (ketua PPSI) pimpin yaitu Gagak Panglawung yang berada di kampung Cilolongokan Rt. 08/02 Desa Limbangan Barat, Limbangan-Garut, saat ini banyak pesilat dari pria dan wanita yang menimba ilmu di paguron kami,” paparnya.

Semoga kedepannya, Rd. Adang Sudrajat berharap bisa lebih mengenalkan seni bela diri silat kepada luar daerah, dan bisa menjadikan kesenian ini sebuah wisata yang layak dipertontonkan kepada fublik, selain banyak paguron di Limbangan, Limbangan merupakan ibu dari Kabupaten Garut yang berada di jalur nasional, tutupnya.

Penulis : Asep

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed