oleh

Jum’at Bersih, Bersama Menata Lahan Bekas Gedung Bersejarah

BLORA, KAPERNEWS.COM – Aksi Bhakti Lingkungan Jum’at Bersih dengan tajuk “Blora Go Green, Blora Go Clean” yang digagas Relawan Blora serta Dinas Lingkungan Hidup dan bersinergi dengan beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dilakukan di lokasi lahan ex-gedung bersejarah Sasana Bhakti, Blora, Jawa Tengah, Jum’at (6/8/2021) pukul 07.30 WIB. Kini setelah hampir 3 tahun sejak diratakan, di lahan seluas 2.000 meter persegi itu telah banyak ditumbuhi rumput, semak, hingga pohon berduri.

Papan nama Tanah milik Pemerintah Kabupaten Blora untuk Sasana Bakti

“Iya, yang kita bersihkan saat ini adalah lahan bekas gedung bersejarah. Dulu tahun 1950an namanya Gedung Rakjat, terus sekitar tahun 1968 berubah menjadi Gedung Rajawali, kemudian diganti menjadi Tri Daya. Lalu pada tahun 1986 diganti lagi menjadi Sasana Bhakti dan diratakan pada tahun 2019 lalu,” ungkap Eko Arifianto selaku Koordinator Relawan Blora sambil menunjukkan koleksi foto kuno miliknya saat tahun 1950an Sasana Bakti masih bernama Gedung Rakjat.

Dirinya menambahkan bahwa selain keprihatinan tentang ketiadaan monumen bersejarah, kondisi pandemi saat ini perlu mendapat perhatian kita bersama.

“Menjaga kelestarian alam dan menjaga kebersihan adalah hal yang penting yang perlu dilakukan ketika kita ingin sehat. Penyakit dan virus sebetulnya adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang kotor dalam diri dan lingkungan sekitar. Jadi dengan kegiatan Jum’at Bersih ini bersama-sama kita wujudkan Blora yang lebih sejuk, bersih, indah dan sehat,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST., MM yang turut menghadiri acara ini memberikan apresiasi atas peran semua pihak.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati dan Koordinator Relawan Eko Arifianto

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkhusus relawan dan masyarakat Blora yang ikut peduli dan turut ambil peran dalam kegiatan ini. Semoga dicatat Allah SWT sebagai amal baik panjenengan sedaya,” terang Mbak Etik sapaan akrabnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini, lahan yang terletak di jantung kota Blora, yang semula tampak suram akan lebih elok dan sedap dipandang mata.

“Semoga dengan aksi Jum’at Bersih ini, bekas gedung Sasana Bhakti menjadi
lebih baik. Untuk pemanfaatannya nanti kita koordinasi kembali dengan OPD,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si, yang turut hadir di lokasi menyampaikan bahwa ini bukan aksi yang pertama dan yang terakhir.

Plt Kepala DLH Blora Sugiyono saat di lokasi ex-Sasana Bhakti Blora

“Ini kegiatan kita yang ke sekian kalinya dengan kawan-kawan relawan. Membersihkan aset-aset milik Pemkab Blora agar nantinya bisa dimanfaatkan. Untuk kegiatan berikutnya rencana aksi bhakti lingkungan di ex-Pasar Besar Blora,” ungkapnya.

Turut serta dalam kegiatan Jumat Bersih hari ini adalah Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, Ketua TP PKK Ainia Shalichah, Plt DLH Sugiyono dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DINPORABUDPAR) Blora Slamet Pamuji serta OPD terkait seperti Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (DINRUMKIMHUB) Blora, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora, Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, segenap relawan dan masyarakat Blora.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed