oleh

Tindaklanjut MoU Mabes Polri, Pemkab Blora Adakan Uji Kompetensi

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pemkab Blora mulai mengadakan penilaian kinerja dan uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sebagai tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab dengan Mabes Polri pada hari Kamis pekan lalu, Selasa (31/8/2021).

Pembukaan asesmen dilaksanakan dengan blended sistem, di mana Bupati Blora H. Arief Rohman, bersama Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) Staf SDM Polri, Brigjen Pol Bariza Sulfi mengikuti acara dari Mabes Polri Jakarta secara daring.

Sekretaris Daerah Komang Gede Irawadi dan Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama dan para peserta mengikuti pembukaan di Aula BKD Blora.

Karobinkar SSDM Polri Brigjen Pol Bariza Sulfi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan tujuan diadakannya penilaian kompetensi ini adalah untuk memetakan dan menguji kemampuan peserta di jabatan yang sekarang dijalankan.

“Penilaian kompetensi ini merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab dengan Polri minggu lalu. Kegiatan ini untuk mapping dan menguji serta mengetahui seberapa jauh kompetensi para peserta di jabatan sekarang. Langkah ini semata-mata untuk kemajuan Kabupaten Blora,” terangnya.

Lebih lanjut Karobinkar menyampaikan harapan dan dukungannya kepada para peserta untuk dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh bersama tim yang telah diterjunkan Mabes Polri ke Blora.

“Kepada para peserta, jangan ada pikiran atau pertimbangan lain. Bupati Blora mengadakan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan kemajuan di Kab. Blora. Harapan kami, pola pikir bapak atau ibu peserta sama dengan bapak Bupati sehingga masyarakat Blora dapat merasakan kerja keras bapak atau ibu. Dan pesan kami jadilah diri sendiri. Semoga niat baik bapak Bupati, Blora lebih maju. Terimakasih atas kerjasamanya,” papar Bariza Sulfi.

Asesmen center Polri sudah mulai semenjak 2012 mengadakan kerjasama dengan pemerintah provinsi/kabupaten/kota dalam menyeleksi pemimpin-pemimpin di daerah dan asesor untuk penilaian kompetensi pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Blora berasal dari Polda Jateng dan Mabes Polri.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terimakasih kepada jajaran Asesmen Center Mabes Polri yang mendukung asesmen para pejabat di lingkup Pemkab Blora untuk mendapatkan pejabat yang sesuai dengan kompetensinya.

“Kita ingin mendapatkan pemimpin di tingkat dinas Blora yang profesional, sesuai kemampuan dan kompetensinya. Tidak berdasarkan like and dislike. Sebagaimana diketahui ada beberapa pejabat yang sudah lebih dari lima tahun di jabatan yang sama, dan membutuhkan suasana baru silakan nanti disampaikan ke para asesor. Sesuai dengan yang disampaikan oleh Karobinkar jadilah diri sendiri,” ungkap Arief Rohman.

Bupati Blora Arief Rohman juga menyampaikan bahwa pemetaan jabatan ini merupakan salah satu pekerjaan rumah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“PR kita banyak salah satunya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui asesmen ini. Ke depan asesmen ini juga berlaku untuk eselon 3 dan 4. Bapak atau ibu ini merupakan orang-orang terpilih. Jabatan ini nanti dipertanggungjawabkan di akhirat karena sebaik-baiknya pemimpin adalah yang mampu melayani dan bermanfaat bagi masyarakat. Selamat mengikuti asesmen,” tutupnya.

Peserta uji kompetensi

Setelah acara pembukaan penilaian kompetensi selesai, selanjutnya para peserta dibagi menjadi dua bagian untuk mengikuti wawancara dan CAT test.

Penilaian kompetensi diikuti oleh 18 (delapan belas) peserta yaitu Samgautama Karnajaya (Kepala DPUPR), Reni Miharti (Kepala Dinas Pertanian), Sugiyono (Kepala Dinkominfo), Purwanto (Kepala DPMPTSP), Henny Indriyanti (Asisten Administrasi Umum), Kunto Aji (Inspektur Daerah), Winoto (Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik).

Kemudian Slamet Pamudji (Kepala Dinporabudpar), Gundala Wijasena (Kepala Disnakikan), Suryanto (Asisten Ekonomi dan Pembangunan), Hendi Purnomo (Kepala Disdik), Pratikto Nugroho (Kepala Dinrumkimhub), Sarmidi (Kepala Dindagkop UKM), Achmad Nurhidayat (Kepala Dindalduk KB), Aunur Rofiq (Kepala DPK), Djoko Sulistiyono (Kepala Satpol PP), Indah Purwaningsih (Kepala Dinsos P3A), dan terakhir Hariyanto (Kepala Dinas PMD).

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed