oleh

ITS Surabaya Siap Bersinergi Dukung Pembangunan Kabupaten Blora

SURABAYA, KAPERNEWS.COM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terus menggandeng perguruan tinggi untuk mendukung proses pembangunan Blora menjadi lebih maju. Salah satunya, Pemkab Blora menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya.

Penandatanganan MoU kerjasama dilakukan Pemkab Blora dengan ITS Surabaya pada Jumat (21/1/2022) kemarin di Gedung Rektorat ITS, Surabaya.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si dan Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng secara langsung melakukan penandatanganan kerjasama tentang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Bupati Arief menjelaskan, diperlukan dukungan berbagai stakeholder dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di Blora.

Lanjutnya, ia berharap dengan dukungan dari perguruan tinggi ini berbagai permasalahan yang ada di Blora bisa diurai dan diatasi.

“Banyaknya permasalahan yang ada mulai kemiskinan, stunting, dan sebagainya. Kami tidak bisa menyelesaikan semuanya sendiri, Pemda Blora merasa perlu untuk menggandeng semua stakeholder salah satunya ada perguruan tinggi khususnya adalah ITS,” terangnya.

“Diharapkan perguruan tinggi dapat bekerjasama dengan pemda untuk mengurai permasalahan yang ada di Kabupaten Blora dengan mengedepankan potensi yang ada,” lanjut Bupati.

Penandatanganan MoU kerjasama Pemkab Blora dengan ITS Surabaya

Bupati Arief ingin agar MoU yang ditandatangani dengan ITS tersebut dapat segera diimplementasikan.

“Kami berharap nantinya MoU ini tentunya akan bisa segera diturunkan dalam bentuk konkret, mungkin kerjasama seperti apa nanti. Mungkin yang seperti tadi KKN tematik atau penelitian seperti apa yang bisa dikirim ke Blora,” harapnya.

Bupati pun menyampaikan apresiasinya kepada pihak ITS yang telah bekerjasama dengan Pemkab Blora.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa hadir di sini dalam rangka kita untuk menjalin silaturahim, menjalin kerjasama, kami sangat butuh untuk dibimbing dari ITS. Kami menyampaikan apresiasi penghargaan setinggi tingginya terimakasih Pak Rektor atas waktunya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga memaparkan potensi-potensi maupun tantangan yang ada di Kabupaten Blora kepada pihak ITS.

“Pak Rektor akan kami sampaikan beberapa hal terkait Blora biar nanti tergambar ke depan kira-kira yang perlu dibantu untuk Blora ini apa saja,” lanjutnya.

Bupati juga berkeinginan agar pihak ITS nantinya dapat datang ke Blora untuk melihat secara langsung sekaligus memetakan potensi-potensi yang ada.

“Mungkin kami akan mengundang teman teman ITS ke Blora Pak Rektor, kalau bisa lihat langsung ini kan jelas jadi potensi yang ada,” paparnya.

“Kita konkretkan, semoga bisa kita segera undang ke Blora meninjau lapangan dan bentuk teknis yang bisa kita kerjakan,” lanjutnya.

Dirinya ingin agar ITS bisa membantu menyediakan teknologi tepat guna untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, pariwisata, dan industri UMKM.

“Apalagi di ITS Surabaya ada Diaspora Blora. Ke betul Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Dr. Eng. Trika Pitana, S.T., M.Sc. adalah putra asli Blora, senior saya, alumni SMAN 1 Blora 94. Semoga nanti bisa menjadi penghubung kami dengan ITS dalam melaksanakan kerjasama ini. Karena dalam membangun Blora kita harus bersama-sama, sesarengan,” terangnya.

Sementara itu Rektor ITS menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Pihaknya juga berharap agar kerjasama yang ditandatangani kedua belah pihak untuk bisa segera ditindaklanjuti.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kunjungannya dengan tim yang lengkap, kami sangat bangga menerima kehadiran bapak ibu dari Pemkab Blora ini,” paparnya.

“Dan tentu saja saya berharap MoU yang sudah kita tandatangani itu tadi ‘iwak sepat iwak gabus’ makin cepat makin bagus. Inshaallah kita saling membantu saling bersinergi,” lanjutnya.

Disampaikannya bahwa pihaknya siap bersinergi dalam berbagai hal dengan Pemkab Blora, termasuk membantu meningkatkan kemampuan SDM yang ada di Blora.

“Kami sangat membutuhkan tempat untuk anak-anak kita untuk bisa dilatih kita juga punya SDM, Bapak Bupati punya tempat dan kemudian SDM yang perlu ditingkatkan dan kita siap untuk bersinergi,” ungkap Rektor ITS.

Setelah dilakukan penandatanganan kerjasama tersebut, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dengan Bupati Blora, Rektor ITS, Wakil Rektor ITS, Dekan, pimpinan dan jajaran ITS.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor II ITS, dan Wakil Rektor IV ITS, Dekan Fakultas Teknologi Kelautan ITS, pimpinan dan jajaran ITS. Kemudian dari Pemkab Blora hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Asisten I, II, dan III Sekda Blora, beserta Kepala OPD terkait.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed