oleh

Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan, Kader PKK Blora Ikuti Pelatihan Jurnalistik

BLORA, KAPERNEWS.COM – Untuk tingkatkan kemampuan dan keterampilan, Kader PKK Blora ikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Selasa (19/10/2021).

Dalam sambutan dan arahannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI antara lain menyampaikan apresiasi terselenggaranya pelatihan jurnalistik.

Ketua TP PKK Kabupaten Blora Hj Ainia Shalichah – Arief Rohman

“Mungkin ini yang pertama dilaksanakan. Jadi selain konsen pada stunting dan lainnya, kita juga perlu paham dengan bagaimana jurnalistik. Kami sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Dinkominfo Blora,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Blora Ainia Shalichah.

Pihaknya optimis, kader PKK Kabupaten Blora dapat bersama-sama memberikan kontribusi serta bisa memperoleh informasi dan ide baru untuk diterapkan dalam memberikan pembinaan pada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora Ignatius Ary Susanto, S.Sos, M.Si., mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya pelatihan jurnalistik itu untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan kader TP PKK.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora Ignatius Ary Susanto

“Tujuannya menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan tentang peran dan fungsi seorang jurnalis kepada 50 orang kader PKK terdiri perwakilan kader TP PKK Kecamatan dan Pengurus TP PKK Kabupaten Blora untuk ikut berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat melalui karya jurnalistiknya agar pembangunan dan potensi-potensi di daerahnya dapat dipublikasikan melalui media sosial,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, M.Si., berharap agar para peserta bisa mengikuti dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga mampu berperan dalam penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah maupun informasi-informasi yang menginspiratif dan tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks.

Hal itu dikarenakan Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang demi terlaksananya program PKK.

Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si.

“Melalui fungsi tersebut Tim Penggerak PKK perlu dikembangkan dengan berbagai pengetahuan maupun ketrampilan. Salah satunya adalah pengetahuan dan ketrampilan jurnalistik,” jelas Kepala Dinkominfo Blora yang akrab disapa Pak Gik.

Hal itu, tambahnya, agar dapat ikut berperan dalam penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat, keluarga dan lingkungan melalui media yang diminati oleh masyarakat.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan, yaitu Kasiyanto, SE., Direktur LPPL Radio Gagak Rimang dengan materi Digital Jurnalism, Teguh Rudianto, S.Sn Kontributor berita dan foto Info Publik yang menyampaikan materi teknik dasar penulisan berita daan membuat foto ilustrasi menjadi indah memikat, dan Heri Purnomo, SH, Ketua PWI Blora yang menyampaikan materi Kode Etik Jurnalistik.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed