oleh

Orientasi Kepramukaan, Untuk Pembentukan Karakter Anak Didik

BLORA, KAPERNEWS.COM – Orientasi Kepramukaan bagi majelis pembimbing gugus depan di Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora Tahun 2022 dilakukan di Gedung Korwil Jiken Blora, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022).

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kaposdik) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Blora Kak Suyatno menjelaskan, pelaksanaan orientasi bagi Mabigus ini adalah program Kwarcab Blora.

“Untuk penyampaian materinya dari pelatih yang ada di Kwarcab Blora,” ucapnya.

Dijelaskannya, rencana pelaksanaannya orientasi dilaksanakan secara bergilir di semua Kwartir se-Kabupaten Blora.

“Dasar utamanya adalah program kerja, dasar pertimbangannya saat ini, dua tahun terakhir mengalami vakum tidak ada kegiatan yang bisa menghadirkan seluruh peserta didik seperti sebelum adanya Covid-19,” terangnya.

Suyatno menambahkan, tujuannya membangkitkan kembali agar Kamabigus-Kamabigus yang notabene Kepala Sekolah yang akan menggiatkan Pramuka di Gugus Depan sesuai dengan AD/ART yang ada di Gerakan Pramuka.

Bertujuan untuk pembentukan karakter peserta dan anak didik

Sementara itu, Kak Aunur Rofiq selaku Wakil Ketua Pembina Muda (Wakabinamuda) mengatakan, sebaiknya Kepala Sekolah (Kepsek) memberikan perhatian terhadap Pramuka di extra kurikuler yang ada.

“Hingga bisa menambah semangat Pramuka itu sendiri, ketika dilaksanakan di masing-masing Kwarcab nanti akhirnya satu Kabupaten melakukannya kegiatan Pramuka tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, orientasinya pembentukan karakter anak juga lewat kegiatan-kegiatan Kepramukaan.

“Termasuk menggalakkan pelatihan dan mengembalikan karakter yang telah beberapa tahun lalu sudah dipermendikbudkan,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed