oleh

Bupati Apresiasi Gerakan Penyelamatan Sumber Mata Air di Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, mengapresiasi komitmen serius berbagai pihak dalam menyelamatkan sumber mata air di wilayah Kabupaten Blora.

Hal tersebut diungkapkannya di SD 2 Sambong, Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora saat menghadiri acara penanaman pohon dan penandatanganan perjanjian kerja sama
gerakan penyelamatan sumber mata air di wilayah Kabupaten Blora, Jumat (15/7/2022).

“Saya apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk dari Yayasan Pamor Kuwat, dan seluruh pihak lainnya, agar terus semangat bersama-sama
untuk menyelamatkan sumber mata air di wilayah Kabupaten Blora,” ucap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, berbagai pihak lintas sektor telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama.

Mulai dari Yayasan Pamor Kuwat, BPSI LHK Solo, Perum Perhutani Divre Jawa Tengah, Dinas LHK Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Blora, Dinas PMD dan Dinas Pendidikan Blora, bersama-sama telah membubuhkan tanda-tangan dengan disaksikan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini menegaskan bahwa menjaga sumber mata air ini penting, mengingat air adalah kebutuhan vital.

“Jangan tinggalkan air mata, tapi tinggalkan mata air untuk anak cucu kita,” tuturnya.

Lanjutnya, menjaga sumber mata air sangat penting, sejalan dengan tagline ‘banyune lancar’ agar bisa terwujud.

“Saya memberikan apresiasi sekali lagi untuk menata lingkungan kita agar ijo royo-royo biar tagline kita banyune lancar ini bisa kita penuhi, kita juga berkomitmen bagaimana untuk melestarikan hutan kita, untuk anak cucu kita ke depan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Mas Arief juga mengajak generasi muda, para pelajar, untuk menjaga sumber mata air dan lingkungan.

“Adik-adik, ayo kalian juga harus ikut membantu menanam dan menjaga pohon yang bagus untuk sumber mata air,” ajak Bupati di hadapan para pelajar.

Setelah menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama, Bupati beserta rombongan kemudian melakukan penanaman pohon sahabat air di wilayah Jurangan, Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Blora.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, mengapresiasi gerakan penyelamatan sumber mata air di wilayah Kabupaten Blora

Bupati Arief pun turut menanam salah satu pohon sahabat air, yakni pohon Gayam.

Mas Arief berharap, pohon-pohon yang ditanami tersebut dapat tumbuh dan bermanfaat untuk menjaga sumber mata air.

“Ini luar biasa di Sambong ada tempat yang nantinya semoga setelah ditanami ini menjadi area yang rimbun ya,” terangnya.

Pihaknya berharap upaya-upaya dalam menyelamatkan sumber mata air di Desa Sambong ini bisa ditiru oleh daerah dan desa-desa lainnya.

Bahkan Desa Sambong ke depan untuk dicanangkan menjadi salah satu desa yang menjadi percontohan.

“Saya sampaikan terima kasih untuk Pamor Kuwat dan seluruh dinas yang terlibat, ini masyarakatnya sangat semangat semoga nanti Desa Sambong bisa menjadi percontohan pelestarian alam,” ucap Mas Arief.

Bupati Arief juga berpesan kepada masyarakat desa Sambong untuk ikut serta merawat pohon-pohon tersebut.

“Setelah ditanami tolong dijaga dirawat nanti saya kesini lagi setahun lagi harus tumbuh rindang,” pungkasnya.

Kepala Bappeda Blora Ahmad Mahbub Djunaidi, S.Pd , M.Si. menuturkan bahwa penanaman pohon sahabat air tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat.

Hal tersebut penting agar sumber mata air terjaga hingga generasi penerus.

“Kita menyiapkan untuk generasi yang akan datang, agar air yang ada senantiasa bisa menghidupi kehidupan kita bersama,” papar Mahbub.

“Kita komitmen bahwa air merupakan satu satunya kebutuhan dasar yang tidak boleh kita habiskan, maka saatnya kita tanam ada seribu pohon di Desa Sambong,” ungkapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Perum Perhutani Divre Jateng, Adm Perhutani yang KPH, Cepu, Blora, Randublatung, BPSI LHK Solo, BPDAS HL Solo, BPDAS HL Pamali Jratun, CDK wil 1 DLHK Jateng, Kepala OPD Pemkab Blora, Camat dan Forkopimcam Sambong.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed