oleh

Duar… Kembali KPK OTT Pimpinan DPRD, Uang Milyaran Dalam Pecahan Rupiah Dan Asing Diamankan

JAKARTA, KAPERNEWS – Lembaga Anti Rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan pada Rabu, 14/12/2022 malam, dalam operasi tersebut, turut diamankan unsur pimpinan DPRD Jawa Timur.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, pihaknya mengamankan sejumlah uang dalam pecahan rupiah dan asing dala OTT tersebut. Jumlah uang yang menjadi barang bukti tersebut senilai miliaran rupiah.

“Sejauh ini sebagai bukti permulaan jumlah uang yang telah diterima miliaran rupiah,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (15/12/2022) malam.

Adapun dugaan suap yang diterima, terkait pengurusan dana hibah yang bersumber dari APBD Jatim.

“Terkait dugaan tindak pidana korupsi suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim, sejauh ini ada empat orang yang sudah ditangkap,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (15/12/2022), dilansir detikNews.

Ali membenarkan bahwa salah satu pihak yang tertangkap itu adalah pimpinan DPRD Jawa Timur. Selain itu, KPK turut memboyong tiga pihak lain yang merupakan staf ahli DPRD dan pihak swasta.

Dalam upaya paksa itu, KPK juga mengamankan sejumlah dokumen. KPK hingga saat ini masih mendalami dugaan uang suap yang diterima pelaku. Ali belum membeberkan lebih lanjut jumlah persis uang yang diduga diterima pelaku. Ia hanya menyatakan KPK akan mengumumkan perkembangan lebih lanjut.

“Jumlah dugaan penerimaan uang suapnya, saat ini masih terus diklarifikasi kepada para pihak,” ujar Ali.

Sementara ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, Sahat (wakil ketua DPRD Jawa Timur) diduga melakukan dugaan korupsi terkait dana hibah ke kelompok masyarakat.

“Betul KPK ungkap dugaan korupsi dana hibah ke kelompok masyarakat dalam giat tangkap tangan Wakil Ketua DPRD Jatim, STS,” tutur Firli. (01/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed