oleh

Innalilahi… Gempa Bumi Berportensi Tsunami, Guncang Tasik Sampai Garut

GARUT, KAPERNEWS.COM – Intensitas hujan yang tinggi di kabupaten Garut mulai dari sore membuat air sungai cimanuk meningkat, selain itu, tengah malam diguncang gempa 7,3 SR membuat beberapa

poto : dampak gempa tsunami

Pada Jumat malam, (15/12), pusat gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Tasikmalaya sampai kabupaten Garut. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 23:47:57 WIB, Magnutido 7.3 SR dengan Lokasi: 8.03 LS, 108.04 BT (43 km Barat Daya Kab-Tasikmalaya-Jabar), Kedalaman 105 Km, Berpotensi Tsunami.

poto : gempa di perbatasan garut-tasik

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya hingga terasa di Kab. Garut.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

Selain gempa, air yang sudah mulai naik diantaranya di sungai cimanuk yang tepat berada di samping Anamarto Mall serta di wilayah cikuray perbatasan Garut-Tasik sebuah rumah roboh. (05)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed