oleh

Cara Sederhana Menjadi Orang Baik

Penulis : Shilvi Pratiwi Gustianti

Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Garut (STHG)

 

Setiap manusia tentunya memiliki impian dan harapan menjadi orang baik, namun perlu kita sadari dan akui, tidak mudah menjadi orang seperti itu. Menjadi orang baik itu memerlukan perjuangan untuk melawan sesuatu hal yang kita piker baik. Selain dambaan setiap orang, seiringnya waktu yang tergerus akan moderenisasi jaman, kita harus terus mencoba dan menyadari untuk bisa memperbaiki diri kita agar menjadi orang baik.

Baca juga : Minat Baca Indonesia Terendah, Pemerintah Belum Berhasil Literasikan Masyarakat

Karena niat akan timbul atas kesadaran kita sendiri,  jika ingin memiliki akhlak dan menjadi orang baik, hal sederhana ini harus kita terapkan, seperti :

  • Jadilah orang yang optimis didalam hal apapun karena harus berpikir positif menghadapi situasi buruk. Karena berpikir positif akan membantu kita menjadi tetap tenang dan lebih hebat dalam menghadapi tangtangan kehidupan.
  • Berempati untuk menempatkan diri pada posisi orang lain, berempati selalu membuat hubungan yang baik. Karena jika kita berempati kita memahami perasan orang lain dan tidak bersikap egois.
  • ‎Perkataan, maka berbicaralah dengan hati-hati, sebelum anda berbicara berpikirlah terlebih dahulu agar tidak berbicara melukai hati orang lain.
  • Memafkan jika seseorang berbuat salah kepada kita maka dimaafkan karena manusia tidak luput dari kesalahan.

Meskipun tidak semua orang  mampu melakukan itu karena ada saja tantangan, hambatan atau ujian yang dihadapi.  Jika mendapatkan ujian Allah yang besar maka hadapilah dengan optimis bahwa kita bisa melewati semua ujianNYA dan tidak menjadi orang yang pantang menyerah. Demikian juga meski berbagai kebaikan dan motivasi dari luar,  namun tak ada kesadaran dalam diri kita maka sulit untuk menerima masukan tersebut.

Manakala seseorang dalam kesehariannya melakukan suatu kebaikan, sehingga bisa menjadi panutan orang-orang disekitarnya, dan tidak lupa akhlak diterapkan. Menjadi orang baik itu meskipun sulit untuk dihadapi tapi mencobalah dan memperbaikilah diri supaya menjadi orang yang baik dan berguna bagi setiap orang. Maka berbaik hatilah kepada orang lain karena kebaikan akan selalu dibalas dengan kebaikan lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

News Feed