oleh

37 Kepala Sekolah ikuti Bimtek Kurtilas Untuk Supervisi Akademik (Supak)

GARUT, KAPERNEWS- Dalam rangka mempersiapakan pelaksanaan kurikulum 2013, 37 kepala sekolah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di SDN 1 Cikarag selama 7 hari, mulai dari. Selasa, 8 /8 sampai dengan. Senin, 13 /8 .

Dalam keterangannya salah satu pemateri yang juga pengawas Aep Saepudin, S. Pd, MM menjelaskan peserta yang mengikuti bimtek ini sebanyak 37 orang yang semuanya Kepala Sekolah, dengan 3 orang pemateri diantaranya Jajang Zaenudin M.Pd,. Apip Munawar M.M.Pd.

Melalui kegiatan bimtek dan pendampingan kurikulum diharapkan guru mampu dan terampil dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara kreatif, inspiratif, dan konsisten, adapun maksud dan tujuan dari Bimtek Kurtilas Kepala Sekolah ini untuk supervisi akademik atau Supak yang mana itu merupakan salah satu materi esensial pada pelaksanaan bimtek ini.

“Yang dimanifestasikan pada pengendalian mutu implementasi kurikulum sesuai dengan Permendikbud,” jelasnya.

Aep Saepudin juga berharap, kepala sekolah dan guru agar melengkapi kinerja dengan pengadministrasian yang baik supaya out put hasil kurtilas mencerminkan penerapan pendidikan abad 21.

“Penyerapan PPK ( penguatan pendidikan karakter) harus ditunjang dengan kegiatan literasi,” tegasnya.

Aep juga menambahkan Kecamatan Malangbong itu memiliki sekolah tingkat dasar 438 rumbel, 238 rumbel diantaranya sudah melaksanakan kurtilas artinya itu sudah 60 persen.

“Kita harus berani melangkah untuk perubahan yang lebih baik dan jangan menghindar dari perubah kalau mau mutu pendidikan meningkat, ketika menemukan permasalahan kita bisa diskusi, perlu diketahui tidak ada masalah yang tidak bisa sipecahkan itulah guru yang ingin ada perubahan,” pungkas Aep.

Kepala Sekolah SDN 1 Sanding Dadang S.Pd salah satu pesrta mengungkapkan perihal manfaat mengikuti kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat dimana kepala sekolah sebagai manager di satuan pendidikan.

” Kepala sekolah dituntut untuk lebih kapabel dalam mengimplementasikan kurikulum tiga belas ini yang pada gilirannya dituntut untuk bertanggung jawab atas pelaksanaannya,” ungkap Dadang.

Ungkapan Dadang pun diaminin oleh Rohana Saprudin S.Pd.SD Kepala Sekolah Lewo Baru 1 dan Ai Rop Rop S.Pd Kepala Sekolah SDN 3 Sanding.

 

Laporan : RIYADI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed