oleh

Wisata Situ Bagendit Telah Dibuka, Pengunjung : Bosan Dirumah Terus

GARUT, KAPERNEWS.COM – Selama pandemic covid-19, objek wisata Situ Bagendit yang berada di Kecamatan Banayuresmi mulai dibuka. Pembukaan tersebut dimulai sejak 6 Juni 2020 setelah diterbitkannya SK oleh Bupati Garut dan melakukan simulasi.

“Wisata Situ Bagendit selama 3 bulan ditutup baru sejak tanggal 5 Juni 2020 dibuka kembali setelah ada SK dari Bupati Garut. Pada hari minggu, 6 Juni 2020 sudah dilaksanakan simulasi langsung oleh pak Bupati bagaimana cara penyambutan wisatawan,” kata Endang Heri, kepala UPT Situ Bagendit, Jum’at (12/6/2020).

Baca juga :

Setelah simulasi, lanjut Endang, Seninnya dilakukan percobaan untuk dibuka dengan memberlakukan protocol kesehatan. Selain itu, bukanyapun mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 sore.

Adapun pengunjung yang akan mengunjungi wisata Situ Bagendit, wajib mengenakan masker dan harus memenuhi SOP protocol kesehatan.

“Jadi cara memasuki kawasan wisata situ bagendit, pengunjung harus sesuai dengan SOP, dimana dipintu masuk sudah ada pembatas dan pengunjung di thermogun (cek suhu tubuh) dan dianjurkan untuk mencuci tangan ditempat yang telah disediakan,” jelas Endang diruang kerjanya.

Saat pembukaan pertama pada Senin kemarin, pengunjung mencapai sekitar 100 wisatawan. Bahkan Sebelum dibuka, kemarin disampaikan kepada Forkopimcam bahwa situ bagendit akan diuji coba untuk dibuka, karena saat ini masih fluktuatif pengunjungnya.

Ketikan nanti terjadi lonjakan pengunjung, petugas sudah siap melakukan pembatasan waktu kepada wisatawan.

“Petugas akan melakukan pembatasan waktu bagi pengunjung apabila terjadi lonjakan. Karena ini menjadi syarat dari protocol kesehatann,” imbuhnya.

Disinggung mengenai protocol kesehatan, objek wisata Situ Bagendit belum memiliki APD lengkat, baru menggunakan flasmak.

Baca juga :

“Petugas di situ bagendit ini ada 12 orang yang siap melaksanakan protocol kesehatan, termasuk dua petugas internal untuk memastikan pelaksanaan protocol kesehatan. Memang di Situ Bagendit bagi petugas yang dua orang belum memiliki APD sebagaimana mestinya, baru hanya memakai flasmak.,” cetus Endang.

Ditempat yang sama, pengunjung yang berasal dari Bayongbong, Mulhamudin mengapresiasi atas pembukaannya tempat wisata. Karena setelah cukup lama pemeritah melakukan himbauan agar tetap dirumah.

“Bagus karena sudah bosan dirumah terus selama PSBB, karena pastinya semua orang ada rasa jenuh,” kata Mulhamudin dipintu masuk situ Bagendit

Dia juga mengapresiasi dengan adanya tempat cuci tanga, tempat wisata telah ikut mencegah penyebaran virus corona.

“Ini lebih bagus untuk mencegah penularan,” tutupnya singkat (Asep Apdar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed