oleh

Pemanfaatan Lahan Bantaran Sungai Di Wilayah Sektor 7 Satgas Citarum

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Kolonel Inf Jefson Marisano selaku Dansektor 7 Satgas Citarum Harum meninjau bantaran sungai Citarum yang berada di Wilayah Sektor 7. Kurang lebih 15 Km panjang bantaran sungai Citarum kiri dan kanan dari ujung jembatan Dayeuhkolot sampai dengan ujung jembatan Cilampeni sebagian besar telah ditanami sayur-sayuran, palawija, apotik hidup, hidroponik dan budi daya ikan oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum dan warga masyarakat sekitar, Rabu (17/3/2021).

Menurut Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson bahwa, ” pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya nanti dapat dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya juga “.

Ia juga menyampaikan, “adapun lahan bantaran sungai Citarum wilayah Sektor 7 yang sudah ditanami yaitu di Sub Sektor Dayeuhkolot menanam Kedelai, kentang, bawang merah, kacang merah dan cabe serta budi daya ikan lele.

Kemudian Sub Sektor Pasawahan menam selada, kacang kedelai, kangkung, terong ungu, bawang daun, kunyit dan kacang merah serta budi daya ikan lele. Di Sub Sektor Cangkuan Wetan menanam kacang tanah, cabe dan kangkung serta budi daya ikan lele.

Selanjutnya di Sub Sektor Andir menanam bawang merah, kacang merah, cabe, terong ungu, salam, sereh, wortel dan kemangi serta budi daya ikan lele dan belut. Kemudian Sub Sektor Bojongmalaka menanam kangkung, kacang tanah, sawi dan ubi jalar.

Sedangkan di Sub Sektor Rancamanyar menanam
Hidroponik : Sosin dan Pakcaow. Dilahan Bios ditanam terong, cabe, lengkuas, jahe, sereh, panglai, kunyit, kemangi, kangkung, wortel, kentang, bawang merah, bawang daun, kedelai, kacang merah, kacang tanah, ubi dan stroberi.
Dilokasi Pembibitan ditanam pohon keras mahoni, nangka, sengon, jengkol, pete, jeruk, pala, albasiah dan kayu putih.
Budi daya ikan : lele, mas, nila, mujair, patin dan belut.

Selain itu, di Sub Sektor Sukamukti menanam kacang tanah dan cabe.
Di Sub Sektor Sangkanhurip menanam terong ungu, sawi, kacang tanah, cabe rawit, talas bogor dan bengkuang dan di Sub Sektor Pangauban menanam cabe, terong ungu, ketimun, tomat, kemangi, labu dan pepaya serta budi daya ikan lele dan ikan gabus.

“Baru-baru ini beberapa Sub Sektor yang sudah melaksanakan panen seperti Sub Sektor Andir panen bawang merah dan Sub Sektor Rancamanyar panen ubi jalar dan kacang tanah, ” ungkap Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Jefson. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed