oleh

Sering Dilanda Banjir, GMBI KSM Wedarijaksa Distrik Pati Lakukan Aksi Lingkungan

PATI, KAPERNEWS.COM – Belum lama ini banjir menjadi salah satu problem masyarakat di berbagai daerah terutama Kabupaten Pati. Hal ini termasuk menjadi perhatian GMBI KSM Wedarijaksa Distrik Pati yang akhirnya melakukan gotong-royong menanam pohon buah dan tanaman keras di Desa Panggung Royom, Kecamatan Wedarijaksa bersama Dinas Kehutanan, BPD, Karang Taruna dan Pemerintah Desa setempat.

“Jangan menunggu penanaman massal karena kegiatan positif ini bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita dengan menanam satu pohon terlebih dahulu,” kata Sumardi selaku sekretaris KSM Wedarijaksa Distrik Pati.

Menurutnya, jika dilakukan secara rutinitas maka tanpa terasa sudah berkontribusi terhadap lingkungan yang akhirnya menjadi asri dan sehat.

“Selain itu kegiatan lingkungan menanam pohon pada hari ini merupakan bentuk kepedulian,” terangnya.

Meski manfaat dari menanam tidak bisa langsung bisa dirasakan dalam waktu singkat namun di masa depan dan usaha ini akan sangat berguna untuk generasi mendatang.

Budaya menanam pohon bisa melindungi air yang disimpan di dalam tanah agar tidak terlalu cepat menguap sehingga cadangan air tanah bisa terjaga,” imbuhnya.

Pohon yang ditanam sekitar 500 buah di antaranya jenis pohon Trembesi, Kelengkeng dan Matoa.

“Budayakan menanam, berhenti menebang,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed