oleh

Peringati World Clean Up Day 2021, Sesarengan Bersih Sampah di Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM menjadi pembina upacara di peringatan World Clean Up Day 2021 (Hari Bersih-Bersih Sedunia) yang bertemakan “Bersatu untuk Indonesia Bersih”. Apel bersama dan sesarengan bersih sampah dilakukan oleh OPD-OPD, para muda-mudi peserta World Clean Up Day dan Relawan Blora dengan difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora di kawasan Grojogan Jl. Sudarman Blora, Jawa Tengah, Jum’at (17/9/2021).

World Clean Up Day merupakan gerakan sosial yang menggerakkan masyarakat global untuk membersihkan bumi dari sampah. Tujuan gerakan ini meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua lapisan masyarakat terhadap permasalahan sampah di dunia serta mengajak untuk mewujudkan aksi bumi yang bersih dan sehat.

Dalam rangka mendukung kegiatan ini pemerintah kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan bersih-bersih dan pilah sampah di lingkungan tempat tinggal 17 September 2021 yang berupa “Aksi Clean Up dan Pilah Sampah dari Rumah” dengan tema kegiatan “Bersatu untuk Indonesia Bersih” dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati mengatakan, World Clean Up Day adalah aksi membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menjadi pembina apel peringatan WCD 2021

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita mengucap puji syukur ke hadirat Allah, yang mana pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan di tengah pandemi dan satu lagi yang harus selalu kita syukuri adalah panjenengan masih bisa berbuat sesuatu hal terbaik untuk Kabupaten Blora,” terangnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati (Wabup) Blora mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kemarin di tempat yang sama kita sudah mencanangkan untuk Blora Bersih dengan dimotori oleh teman-teman relawan dan juga oleh OPD. Dan hari ini dilakukan hal yang sama juga terkait kebersihan yang ada di Kabupaten Blora. Tetapi hari ini dimotori oleh anak-anak kita,” ujarnya.

Wabup Blora berfoto bersama dengan peserta WCD 2021

Wabup berharap agar kegiatan kebersihan lingkungan yang dilakukan ini terus berkesinambungan.

“Kegiatan hari ini, saya berharap tidak hanya aksi, tapi mari kita hidupkan kepedulian orang-orang yang ada di sekitar kita. Minimal kebersihan di sekitar kita, minimal kebersihan di keluarga kita, minimal kebersihan di lingkungan kita, baru kemudian kita berbicara luas kebersihan yang ada di Kabupaten Blora,” tegasnya.

Wabup mengatakan supaya semua orang menanamkan pada diri masing-masing bahwa kebersihan itu dimulai dari diri sendiri.

“Karena kebersihan sebagian dari iman. Dan mungkin juga, karena panjenengan orang Jawa, bahwa resik iku becik (bersih itu baik). Saya berharap dengan kabecikan itu mengajak saudara-saudara kita, mengajak keluarga kita untuk menjaga kebersihan,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan aksi gotong royong membersihkan sampah di kawasan Grojogan. Kemudian, Sabtu (18/9/2021) dilanjutkan ke aksi bersih sampah di Kali Lusi Kaliwangan Blora.

Eko Arifianto beserta para Relawan Blora

“Iya, besok pagi, Sabtu (18/9/2021) kita para relawan akan terjun ke bawah jembatan Kali Lusi Kaliwangan Blora. Kita lihat kemarin sampah di sana sangat menumpuk soalnya,” terang Eko Arifianto selaku Koordinator Relawan Blora.

Eko menambahkan bahwa selain dilakukan pembersihan sampah juga akan dipasang beberapa papan penanda pelarangan pembuangan sampah sembarangan.

“Ya, kita akan pasang papan peringatan untuk menjelaskan bahwa membuang sampah sembarangan itu adalah kejahatan. Dasarnya adalah Peraturan Daerah Kabupaten Blora Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah. Di situ jelas menyebutkan bahwa ada ancaman hukuman kurungan 3 bulan dan denda 50 juta bagi para pelanggar,” pungkasnya.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed