oleh

Lestarikan Budaya Leluhur, Pemkab Launching Batik Jati Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka melestarikan budaya leluhur, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST., MM., mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si melaunching acara Batik Jati Blora bertitel Batik Blora Untuk Nusantara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Senin (27/12/2021) siang tadi.

“Batik mempunyai aset kultur nilai seni yang tinggi. Batik tidak sekadar kain yang ditulis dengan menggunakan malam atau jahitan lilin,” kata Wakil Bupati (Wabup) Blora Tri Yuli Setyowati ST., MM.

Para model dan peragawati memamerkan desain motif Batik Blora yang dilaunching

Lebih lanjut Wabup menjelaskan bahwa sesuatu yang ada di batik mempunyai filosofi yang sangat erat dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Blora.

“Batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Sebuah identitas yang telah diwarisi sejak ratusan tahun,” terangnya.

Sebagai Wakil Bupati dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba desain motif batik dan launching Batik Jati Blora yang telah diselenggarakan oleh Bappeda dan Dekranasda Kabupaten Blora.

Wabup Tri Yuli Setyowati, Ketua Dekranasda Blora Ainia Shalichah dan Sekda Blora Komang Gede Irawadi

“Hal itu merupakan wujud upaya inovasi mengembangkan berbagai motif batik Blora,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pengembangan batik di Kabupaten Blora dibutuhkan kerjasama berbagai pihak.

Bunda Ainia selaku Ketua Dekranasda Blora saat memberikan sambutan

“Mulai dari promosi, sosialisasi, peningkatan kapasitas perajin, diversifikasi produk serta desain motif batik Blora sehingga mampu bersaing dengan daerah lain,” terang istri Bupati Blora Arief Rohman yang akrab disapa Bunda Ainia ini.

Menurutnya, Batik Blora yang dilaunching ini merupakan sebuah karya terbaik dari hasil proses Lomba Desain Batik dan Iket Samin.

Bunda Ainia melihat berbagai motif desain Batik Blora

“Lomba ini telah diselenggarakan Bappeda dan Dekranasda Kabupaten Blora dalam upaya menggali ide kreatif dari masyarakat dalam merancang desain motif batik Jati Blora,” paparnya.

Hadir dalam acara launching Batik Jati Blora Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si beserta para tamu undangan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed