oleh

Peringati Rangkaian HPSN 2022, PKK Blora Beserta Warga Peduli Lingkungan Turun Ke Jalan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 yang puncak acaranya jatuh pada 21 Februari, TP PKK Kabupaten Blora turun ke jalan melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di Kawasan Grojogan, Jl. Sudarman, Blora, Jawa Tengah, Minggu (13/1/3/2022).

Sebelum giat Bhakti lingkungan dilakukan pemanasan dengan senam bersama

Untuk menjaga kesehatan agar tubuh lebih bugar, sebelum melaksanakan aksi bhakti lingkungan bersih-bersih sampah, kegiatan diawali dengan senam bersama yang bertempat di sepanjang Jl. Sudarman Blora.

“Semua bergerak bersama bersih-bersih supaya lingkungannya menjadi bersih,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI.

Menurut Ketua TP PKK Blora yang akrab disapa Bunda Ainia, kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama.

“Saya hanya mempelopori atau mengawali, selanjutnya kontinyuitas nanti akan dilakukan warga sendiri,” ungkap istri Bupati Blora tersebut.

Bunda Ainia menambahkan, bahwa jadwal ke depan akan ada beberapa titik-titik bhakti lingkungan bersih-bersih sampah di Kabupaten Blora.

“Di kelurahan dan desa-desa lainnya. Nanti akan dijadwalkan,” terangnya.

Bunda Ainia bersama TP PKK Kabupaten Blora

Bunda Ainia menjelaskan bahwa kegiatan bakti lingkungan yang dilakukan tersebut dalam rangka menuju Blora Kota Sehat.

“Blora sudah saatnya lebih bersih dan sehat. Ini membutuhkan perubahan perilaku dan membudayakan kebiasaan menjaga kebersihan,” jelasnya.

Dirinya berharap, dinas terkait perlu terus secara rutin menjaga kebersihan lingkungan.

Tampak sampah menumpuk di Kali Grojogan Blora

“Terus dijaga, ada atau tidak ada (momentum hari lingkungan) perlu terus melakukan secara rutin kegiatan kebersihan lingkungan yang ada,” paparnya.

Bunda Ainia juga berpesan kepada masyarakat agar jangan membuang sampah di sembarangan tempat.

“Peduli pada kebersihan lingkungan yang ada. Termasuk sungai dan daerah alirannya juga harus dijaga kebersihannya. Intinya, tidak buang sampah sembarangan. Nah, kalau ada waktu lebih bisa juga melakukan daur ulang,” imbuhnya.

Untuk menuju Blora yang bersih dan sehat, pihaknya berencana melibatkan institusi pendidikan di Blora.

“Iya, rencana ke depan juga butuh keterlibatan adik-adik sekolah. Untuk itu nanti rencananya bakti lingkungannya di hari Jumat. Biar kawasan yang dibersihkan di Blora juga semakin bertambah luas,” pungkasnya.

Bersiap-siap melakukan giat bersih sampah di Grojogan Blora

Hadir dalam kegiatan bersih lingkungan antara lain TP PKK Kabupaten Blora, Dasa Wisma, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemukiman, Perumahan, dan Perhubungan (Dinrumkimhub), DPUPR Kabupaten Blora, Kecamatan Blora serta Kelurahan Kedungjenar dan Kelurahan Mlangsen.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed