oleh

Bupati Resmikan Wall Climbing dan Buka Gelaran Sirkuit Panjat Tebing Jawa Tengah Seri I di Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, pada Sabtu (12/3/2022) meresmikan fasilitas arena Wall Climbing yang ada di area lapangan Kridosono, Blora.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga membuka gelaran kejuaraan sirkuit panjat tebing Jawa Tengah seri I, yang diselenggarakan pada 12-13 Maret 2022 di Blora, sekaligus membuka gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kab. Blora tahun 2022.

Bupati berharap dengan diresmikannya fasilitas Wall Climbing tersebut, nantinya akan semakin banyak lahir atlet-atlet berprestasi dari Blora.

Seperti halnya, Agustina Sari dan Berthdigna Devi, atlet panjat tebing dari Blora yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Jawa Tengah pada PON XX Papua 2022 lalu.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP

“Harapannya akan lahir atlet atlet panjat tebing khususnya dari Blora ini untuk menuju prestasi nasional bahkan internasional,” ungkap Bupati.

Pihaknya juga mendorong agar event-event olahraga dari berbagai cabang olahraga (cabor) baik dari tingkat Jawa Tengah hingga nasional untuk sering diadakan di Blora.

“Kita ingin agar sering ada event disini ini, hari ini tingkat Jawa Tengah ada panjat tebing, besok juga saya buka ada Kejurda pencak silat di GOR, Pagar Nusa se Jawa tengah ada 1.500 atlet lebih,” jelas Bupati.

“Semoga ada cabor-cabor lain yang bisa mengadakan kegiatan seperti ini di Blora, biar lebih semarak dan dikenal Blora ini,” tambahnya.

Disampaikannya, Pemkab akan mendukung atlet-atlet Blora untuk berprestasi. Termasuk juga kaitannya dengan fasilitas olahraga di Blora akan dibenahi.

“Kita berharap, fasilitas olahraga akan terus kita dorong, kita benahi, dalam rangka mendukung prestasi olahraga,” lanjutnya

Bupati juga berkeinginan agar Wall Climbing tersebut bisa menjadi salah satu destinasi olahraga yang ada di Blora.

Disampaikannya, hadirnya arena Wall Climbing tersebut agar dimanfaatkan dengan baik, termasuk agar sekolah-sekolah maupun anak-anak di Blora yang berminat untuk berlatih panjat tebing.

“Karena sudah ada fasilitas ini nanti sekolah-sekolah, anak-anak yang berminat bisa memakai fasilitas ini, nanti dari FPTI bisa menjadwalkan untuk ini,” ucap Bupati Arief.

“Agar ini bisa menjadi salah satu destinasi olahraga kita, karena tempatnya juga terbuka, dari dinas bisa mendukung untuk meramaikan,” tambahnya.

Sekaligus, dengan dibukanya POPDA Kabupaten Blora tahun 2022 ini diharapkan mampu menjadi ajang persiapan bagi atlet-atlet Blora untuk berlaga di tingkat Jawa Tengah.

“Kita juga nanti PORPROV, itu pesertanya dari Jawa Tengah, tempatnya di Blora. Sekaligus ini kita pembukaan POPDA tingkat Blora untuk menyongsong nantinya, diharapkan dari POPDA ini akan lahir bibit atlet yang akan kita lombakan di Jawa tengah,” pungkasnya.

Selain resmikan Wall Climbing, Bupati juga buka gelaran Sirkuit Panjat Tebing Jawa Tengah Seri I di Blora

Pada kesempatan tersebut perwakilan KONI Jawa Tengah Sumartono, membacakan sambutan dari Ketua KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana.

“KONI provinsi Jawa Tengah menyambut baik dan bangga atas terselenggaranya sirkuit panjat tebing seri 1 tahun 2022 ini terselenggara yang pertama,” kata Bona Ventura dalam sambutan yang dibacakan Sumartono.

Jelasnya, kejuaraan ini menjadi arena tolak ukur pengembangan dan peningkatan prestasi hasil latihan secara rutin para atlet panjat tebing di Jawa tengah.

“Sirkuit panjat tebing seri 1 tahun 2022 ini sangat strategis, bila dikaitkan dengan persiapan kita menyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov yang ke 16 Jawa Tengah,” tambahnya.

Ketua KONI Jateng tersebut mengungkapkan bahwa cabor panjat tebing adalah salah satu cabor yang secara konsisten menyumbang medali kontingen PON dari Jawa Tengah.

“Pada PON ke 20 di Papua 2021 kemarin tim panjat tebing Jawa tengah sukses meraih medali 2 emas 1 perak 3 perunggu dan dua di antaranya anak-anak kita dari Kabupaten Blora,” imbuhnya.

KONI Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan jajarannya, atas telah dibangunnya arena panjat tebing di Kabupaten Blora.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada bapak bupati Blora yang telah berkenan membangun arena panjat tebing di Kab. Blora ini beserta jajaran Pemda, saya lihat sangat megah dan top. Terimakasih,” ungkapnya.

Kemudian, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Tengah, Abdul Hamid, menjelaskan bahwa gelaran sirkuit ini sekaligus untuk menggairahkan kembali olahraga panjat tebing di Jawa Tengah.

“Bahwa sirkuit ini sudah dua tahun berhenti dan kita akan menggairahkan kembali panjat tebing di Jawa tengah karena memang persaingan antar panjat tebing di Indonesia ini sudah sangat ramai sudah sangat sengit,” paparnya.

Pihaknya juga mengapresiasi bahwa dari Kabupaten Blora ini juga memiliki atlet panjat tebing berprestasi yang mengharumkan Jawa Tengah dalam gelaran PON Papua kemarin. Ia berharap akan semakin banyak atlet panjat tebing berprestasi yang lahir dari Blora, dan kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Kemarin kita PON sudah melaporkan dua atlet Blora sudah meraih medali emas melalui kategori speed beregu, yaitu mbak Bertha (Berthdigna Devi) dan mbak Agustin (Agustina Sari),” terang Abdul Hamid.

“Sekarang juga di tengah-tengah kita banyak potensi atlet untuk 4,5, tahun bahkan 10 tahun ke depan,” lanjutnya.

Pihaknya bertekad dalam dua PON mendatang, Jawa Tengah juga bisa menjadi kekuatan yang diperhitungkan daerah lainnya, khususnya untuk panjat tebing.

“Harapannya memang di sirkuit-sirkuit junior bagaimana ini bisa mengentaskan atlet-atlet yang mumpuni, yang mampu mengangkat nama klubnya, nama kabupatennya dan nama provinsinya,” terang Abdul Hamid.

Ketua FPTI Jawa Tengah mengapresiasi dukungan dari Pemkab Blora dalam penyelenggaraan Kejuaraan Sirkuit Panjat Tebing Jateng Seri 1 ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Blora yang telah menyediakan perangkat dan segala fasilitas nya,” ucapnya.

“Kita juga diberi kehormatan untuk mencoba wall terbaru di Blora, karena sekali bangun ini ada tiga kategori, yaitu bolder, speed, sama leadsnya yang sudah berstandar internasional akan kita coba bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Agus Ony Setiawan, mengungkapkan bahwa kejuaraan tersebut diikuti 28 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

“Total atlet dari perwakilan klub di Jawa Tengah ini yang mengikuti 176 atlet dan dari 28 kabupaten, acara ini diadakan dua hari 12-13 Maret 2022,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam panjat tebing di Blora kali ini untuk dengan kategori speed climbing untuk KU 10-12, KU 13-15, dan KU 15 ke atas.

“Untuk Blora menerjunkan 18 atlet, targetnya untuk FPTI Blora mendapatkan medali,” tutupnya.

Bupati didampingi Wakil Bupati, perwakilan KONI, FPTI, secara simbolis memasang pin pada Wall Climbing sebagai tanda dibukanya gelaran kejuaraan tersebut. Kemudian, Bupati juga memakaikan kaos seragam kepada salah satu perwakilan atlet.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakapolres Blora, Kepala Dinporabudpar Blora dan jajarannya, serta kepala OPD terkait, Ketua KONI Blora, dan FPTI Blora.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed