oleh

Isi Seminar Nasional, Bupati Arief Gandeng UNDAR Jombang Untuk Sesarengan mBangun Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada hari Selasa (1/3/2022) kemarin, diundang menjadi salah satu narasumber Seminar Nasional di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur. Sebelum penyampaian materi, seminar terlebih dahulu dibuka oleh Bupati Jombang, Nyai Hj. Mundjidah Wahab, dan Rektor Undar, Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag.

Turut hadir menjadi narasumber adalah Kepala Dinas Koperasi UKM Jatim, Dr. Andromeda Komariah, MM., Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifudin, ST., Ketua APDESI Jawa Tengah, Agung Heri Susanto, yang dimoderatori oleh Wakil Rektor IV Undar Dr. H. Agus Raikhani, M.MT.

Dalam seminar yang mengangkat tema “Penguatan Perekonomian Desa Melalui Pemberdayaan UMKM” tersebut, Bupati Arief menyampaikan beberapa materi tentang potensi pedesaan di Kabupaten Blora dan kiat membangun perekonomian desa berbasis potensi lokal yang melibatkan Perguruan Tinggi.

Sekaligus melaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Blora dengan Undar Jombang.

Bupati Arief Rohman waktu menjadi narasumber Seminar Nasional di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur

“Iya, alhamdulillah kemarin kita dapat hadir ke Undar Jombang untuk mengisi seminar nasional sekaligus melaksanakan MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita ingin agar ke depan Undar Jombang bisa membantu kita dalam melaksanakan pembangunan daerah melalui beberapa kerjasama yang akan disusun sebagai tindak lanjut MoU nya kemarin,” ucap Bupati, Rabu (2/3/2022).

Menurut Bupati, Rektor Undar Jombang, Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag., menyambut baik adanya MoU dengan Pemkab Blora.

“Selain kemungkinan kerjasama beasiswa untuk mendukung program satu desa dua sarjana, juga pendampingan UMKM. Pasalnya saat ini Undar juga sedang giat mendampingi sektor UMKM agar ekonomi tumbuh positif meskipun pandemi belum usai,” terang Bupati.

Terpisah, Rektor Undar Jombang, Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag., menyatakan kesiapannya untuk membantu Blora kedepan terlebih telah ditandatangani sebuah MoU.

“Mas Bupati Blora, Mas Arief ini merupakan salah satu alumni terbaik Undar yang kini menjadi Bupati. Maka kita sebagai almamater juga siap untuk membantu alumni. Apalagi Blora dikenal dengan hutan jatinya, sebagaimana mungkin keberadaan hutan jatinya juga bisa untuk mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat nya,” kata Rektor.

Hal yang serupa juga diungkapkan Bupati Jombang, Nyai Hj. Mundjidah Wahab yang menyambut positif terjalinnya kerjasama antara Pemkab Blora dengan Undar.

“Kami sangat bangga ketika Perguruan Tinggi di Jombang bisa ikut berkontribusi memberikan manfaat untuk daerah lain, seperti Blora yang Mas Bupati nya juga lulusan Jombang. Kerjasama antar daerah, antar lembaga seperti ini sangat baik dilakukan dan semoga membawa kemanfaatan untuk masyarakat,” kata Mundjidah Wahab.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan paparan seminar dan foto bersama dan sesi diskusi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., Asisten Ekonomi dan Pembangunan, dan OPD terkait.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed