oleh

Kejurda Ke-VII Pencak Silat Pagar Nusa Digelar di GOR Mustika Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Kejuaraan Daerah Ke-VII Pengurus Wilayah (PW) Pencak Silat (PS) Nahdlatul Ulama (NU) Pencak Silat Pagar Nusa se-Jawa Tengah 2022 dilaksanakan di GOR Mustika Blora, Jawa Tengah, Minggu (13/3/2022).

Kejurda PW PS NU Pagar Nusa ini sebenarnya disiapkan akan digelar di Kudus. Namun karena berkenaan situasi pandemi Covid-19 lalu, kejuaraan ini sempat ditunda, sebelum akhirnya dialihkan ke Blora.

Ketua PW PS NU Pagar Nusa Jateng, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si menjelaskan, pelaksanaan Kejurda sebenarnya digelar di Kabupaten Kudus.

Kejuaraan Daerah Ke-VII Pengurus Wilayah Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pencak Silat Pagar Nusa se-Jawa Tengah

“Acara yang memang semula akan dilaksanakan Kudus tanggal 11 sampai 13 karena suasana di sana masih belum memungkinkan, kita alihkan di sini karena ini menghadapi Kejurnas yang nanti akan dilaksanakan kemungkinan akan dilaksanakan tanggal 26 sampai 27 Maret nanti,” kata Ketua PW PS NU Pagar Nusa Jateng, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

“Dari Kejurda ini akan lahir dan yang akan kita kirim untuk kejurnas yang kemungkinan akan dilaksanakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” lanjutnya.

Bupati Blora menambahkan, Kejurda ini diikuti oleh 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Di antaranya Kudus, Pati, Demak, Jepara, Grobogan, Rembang, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan daerah lainnya.

Beragam kategori dipertandingkan di Kejurda ini. Mulai dari nomor seni hingga tanding. Untuk Kategori Tanding Usia Dini mempertandingkan empat kelas, masing-masing kelas B, C, D, dan E.

“Untuk peserta seluruh Jawa Tengah di sini sekitar 1.200 atlit, yang nanti akan bertanding secara bergelombang dan berprotokol kesehatan, diharapkan nanti seluruh Jawa tengah akan memacu prestasi atlit-atlit kita untuk target nanti di Kejurnas bisa Juara Satu,” tambahnya.

Salah satu peserta Kejurda menunjukkan kebolehannya

Sementara itu, selaku Ketua Kejurda VII H. Kusnul Kinal Khozim menerangkan, sebenarnya Kejurda di Kudus tapi dialihkan karena di Kudus belum memungkinkan menggelar Kejurda.

“Dari hasil atlit – atlit yang juara nanti kita kirim ke Kejurnas dengan target juara umum satu kejurnas dari kabupaten Blora sendiri ada sekitar 36 atlit. Kemudian untuk Kategori Seni Usia Dini melombakan untuk dua jurus, masing-masing jurus. Paket Pagar Nusa SD putra/putri berpasangan dan jurus pesilat tunggal IPSI putra/putri,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa di Kategori Tanding Pra-remaja mempertandingkan sembilan kelas. Terdiri dari kelas A, B, C, D, E, F, G, H, dan I. Sedangkan pada Kategori Seni Pra-remaja melombakan dua jurus, masing-masing jurus paket pagar Nusa SMP putra/putri Berpasangan dan jurus Pesilat Tunggal IPSI putra/putri.

“Semoga di Kejurda berjalan dengan baik dan lancar serta mengedepankan prokes karena masih masa-masa pandemi yang belum kondusif aman 100 persen, kita tetap menjaga itu,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed