oleh

Blora Gelar Rembug Stunting di Peringatan Hari Keluarga Nasional

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menggelar Rembug Stunting di peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/6/2022).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membuka acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tingkat Provinsi di Kabupaten Temanggung via virtual yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Tengah.

Setelah pembukaan, kabupaten/kota di Jawa Tengah menggelar serangkaian acara, sementara Blora menggelar Rembug Stunting.

Mewakili Bupati Blora, Arief Rohman Sekretaris Daerah Blora, Komang Gede Irawadi menyampaikan, saat ini Pemkab Blora berupaya melakukan pencegahan stunting.

Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi

“Pemerintah baik pusat maupun daerah saat ini berupaya maksimal untuk melakukan pencegahan stunting. Tujuannya agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal,” papar Komang dalam sambutannya.

Menurut Komang, ada tiga hal dalam pencegahan stunting. Yakni, perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Dikatakan, terkait upaya untuk mencegah dan mengatasi stunting, Blora telah banyak dilakukan. Di antaranya, secara bersama melaksanakan Intervensi gizi dengan memperbaiki determinan gizi seperti kemiskinan, pendidikan, penyakit infeksi, dan pemberdayaan perempuan.

Sementara itu, saat membuka peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tingkat Provinsi Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan terimakasih kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) karena membuat gerakan ayo cegah stunting.

“Saya mengucapkan sangat terima kasih kepada BKKBN karena membuat gerakan sebelum menikah para calon pengantin diwajibkan untuk periksa kesehatan. Ini merupakan langkah awal untuk mencegah stunting,” ucap Ganjar.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed