oleh

Ratusan Mahasiswa UNY Diajak Bantu Atasi Permasalahan Di Blora

YOGYAKARTA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si mengajak ratusan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk membantu mengatasi berbagai persoalan yang ada di Blora,

Para mahasiswa UNY dimaksud bakal Kuliah Kerja Nyata Praktek Kependidikan (KKN- PK) di Blora selama kurang lebih enam bulan.

Sebagai informasi, Blora menjadi salah satu dari 13 kabupaten/kota yang akan menjadi sasaran KKN-PK UNY.

“Saya mengucapkan terimakasih apresiasi setinggi-tingginya kepada UNY yang berkenan untuk bersama-sama salah satunya dengan Blora untuk Sesarengan membangun Kabupaten Blora,” ungkap Bupati saat memberikan arahan dalam acara pembekalan KKN PK UNY di Auditorium UNY Yogyakarta, Rabu (6/7/2022)

Di hadapan para mahasiswa UNY yang akan melaksanakan KKN PK, Bupati turut menceritakan tantangan dan potensi yang dimiliki Blora.

Disampaikannya, beberapa tantangan yang dihadapi Blora seperti halnya masih tingginya angka kemiskinan, stunting, gizi buruk, pernikahan dini, hingga putus sekolah, dan sebagainya.

Ia berharap, kehadiran mahasiswa harus mampu menjadi solusi persoalan-persoalan yang dihadapi di masyarakat.

“Adik-adik ini berasal dari berbagai jurusan fakultas, diharapkan membantu memberikan solusi, bagaimana bersinergi dengan masyarakat, dalam mengaplikasikan terkait dengan banyak hal,” terang Bupati.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief berharap ada inovasi yang dihasilkan di masing masing kelompok KKN yang ada di desa-desa.

Bupati Arief Rohman saat memberikan arahan dalam acara pembekalan KKN PK UNY di Auditorium UNY Yogyakarta

Termasuk bisa membantu untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di desa.

Melalui KKN, terang Bupati, para mahasiswa yang sudah mendapatkan ilmu teori di kampus, bisa mengamalkan ilmu yang sudah diperoleh di tengah masyarakat.

“Ilmu-ilmu yang didapatkan selama perkuliahan untuk menganalisa permasalahan dan tentunya memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi desa tersebut,” jelasnya.

“Selama enam bulan nanti tentu akan banyak hal yang nanti disumbangsihkan diberikan oleh adik-adik ketika terjun ke lapangan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Bupati Arief menjadi salah satu pembicara dalam acara pembekalan mahasiswa KKN UNY yang digelar secara langsung di Auditorium UNY, dan virtual zoom meeting.

Sebanyak 4533 mahasiswa mengikuti acara pembekalan KKN PK tersebut. Rinciannya, 301 mahasiswa mengikuti secara luring dan secara daring sebanyak 4232 mahasiswa.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala UL KKN-PK Dr.Drs. Ngatman Soewito, M.Pd, dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulonprogo, Ketua Divisi PK UNY, Kabid Bappeda Blora

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof Dr Margana, M.Hum,M.A, mengungkapkan bahwa pelaksanaan KKN-PK di Kabupaten Blora diharapkan dapat turut serta membantu pemerintah untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi.

“Kami mengirimkan 287 mahasiswa dari prodi dan fakultas yang berbeda ini Insyaallah akan menggunakan multidisipliner, dalam pemecahan masalah seperti kemiskinan, stunting yang ada di Blora sehingga lebih tajam dan lebih komprehensif, dalam mengawal pemberdayaan masyarakat yang ada di Blora,” papar Prof Margana.

Selain itu, tambah Prof Margana juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengetahui ekosistem yang sesungguhnya.

“Sehingga KKN dan atau PK selama 6 bulan ini akan mampu memberikan pengalaman yang luar biasa kepada para mahasiswa,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed