oleh

Tidak Terbiasa Di Bawah Terik Matahari, 10 Orang Pelajar Pingsan Saat Upacara HUT Kemerdekaan

BLORA, KAPERNEWS COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Kota Blora, Jawa Tengah, Rabu, (17/8/2022) pagi.

Upacara berlangsung khidmad, dan diwarnai penampilan Drum Band gabungan TNI, SMA Negeri 1 Blora, dan SMA Negeri 1 Tunjungan.

Diikuti Forkopimda Blora, Kepala OPD Kabupaten Blora, dengan peserta upacara TNI/Polri, Pelajar, Pramuka, Linmas, Satpol-PP. Sebagai komandan upacara adalah Kapten Inf Agus Supriyanto, Danramil 14/Todanan.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si sebagai Inspektur upacara membacakan naskah pidato Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selama upacara berlangsung tidak sedikit peserta upacara mengalami pingsan, karena harus berdiri di bawah terik matahari.

Satu persatu mereka yang jatuh pingsan dengan sigap dievakuasi anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Blora, ditandu
dan dibawa ke tenda peristirahatan di sebelah selatan Alun-Alun.

“Kami sudah mengantisipasinya (siswi pingsan). Kemungkinan disebabkan faktor fisik, mereka tidak biasa di bawah terik matahari dan kelelahan hingga akhirnya pingsan,” kata petugas PMI kepada awak media.

Dia menambahkan, hingga berakhirnya upacara ada lebih dari 10 siswi yang mendapat bantuan dan dievakuasi. Beberapa korban ada yang langsung bisa disadarkan, namun banyak pula yang membutuhkan penanganan medis.

Salah satu siswi yang jatuh pingsan, Lailatul Rama Dwika menjelaskan, dia merasa pusing saat mengikuti jalannya upacara hingga nyaris tak sadarkan diri.

“Saya tadi belum sarapan jadi gak kuat. Yang dirasa pusing-pusing kena panas matahari,” terangnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed