oleh

Tips Hemat Bagi Si Pemboros

Penulis : Rida rizky fadilla (Mahasiswa sekolah Tinggi Hukum Garut)

Siapa yang tak ingin kaya? tapi bagaimana mau kaya kalau masih boros, mungkin bagi beberapa kalangan hemat itu sangat sulit. Tapi disini saya akan memberikan kiat kiat bagi yang ingin belajar hemat.

  1. Prioritaskan Kebutuhan dan Keinginan

Coba jadwalkan jadwal belanja bulanan anda, jangan masukan keperluan yang tidak penting ke daftar belanja bulanan anda. Kesampingkan dulu keinginan anda seperti menonton film yang terlalu sering ,pintar pintar dalam berbelanja .

  1. Bijak Dalam Berbelanja

Bukan hal yang aneh khususnya bagi perempuan yang mudah sekali tergiur oleh berbelanja. Rencana dari rumah hanya akan membeli 1 barang pulang pulang kerumah malah bawa 3 barang bahkan lebih. Cobalah berbelanja ke pasar pasar tradisional yang harganya relatif lebih murah dari supermarket.

  1. Seimbangkan Pengeluaran Dan Pendapatan

Apakah pengeluaran dan pendapatan anda selama ini seimbang ? belajar mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan anda .

  1. Buat ATM Cadangan

ATM cadangan ini berfungsi yang setiap bulannya atau apabila anda mempunyai rezeki bisa anda tabungkan ke dalam ATM tersebut. ATM ini merupakan tabungan masa tua anda tetapi ATM ini bukan merupakan untuk biaya hidup anda sehari hari melainkan jaminan masa depan anda kelak.

  1. Disiplin Dalam Menabung

Kebiasaan disiplin dalam menabung ini merupakan hal yang wajib anda lakukan setiap bulannya. Disiplin menabung ini merupakan salah satu sarana yang menjamin masa depan dan masa tua anda nantinya.

  1. Pola Hidup Sederhana

Apakah anda merasa malu apabila hidup anda sederhana  ? bukan hal yang memalukan apabila hidup sderhana ini menjamin anda hidup lebih bahaagia ,sehat dan tidak boros.

  1. Sakit itu Mahal

Jangan pernah lupa untuk menerapkan pola hidup sehat karna sakit itu tidak enak, sakit itu mahal. Jangan lupa berolahraga dan pernuhi juga kebutuhan gizi serta minumlah air putih 2 liter dalam satu hari , istirahatlah yang cukup

Mungkin itu trik trik yang dapat saya sampaikan semoga dapat membantu bagi yang ingin belajar hidup hemat dan tidak boros lagi. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat. Selamat mencoba semoga berhasil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed