oleh

Pahala (Zakat) Yang Tak Dirindukan

Penulis : Yusep Hilmansyah (Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Garut)

 

Tahukah kamu? Berapa besar potensi zakat diindonesia? Sedikit informasi, 1 triliun adalah 1000 miliar. Dan potensi zakat diindonesia pertahun  adalah sebesar 217 Triliun rupiah. Berdasarkan data tahun 2016, total penghimpunan dari berbagai lembaga amil zakat se indonesia adalah 5 Triliun. Lalu kemana 212 triliun sisanya?? ada beberapa faktor yang menjadikan belum maksimalnya penghimpunan zakat tersebut. Salahsatu faktornya adalah belum tingginya kesadaran masyarakat banyak akan kewajibannya terhadap rukun islam yang ke 3 yaitu zakat, khususnya zakat maal (zakat Profesi) karena jika zakat fitrah bukan hal yang asing lagi karena sudah jadi rutinitas tahunan ketika menjelang idul fitri. Khusunya tentang zakat Padahal Allah telah menurunkan 26 ayat perintah berzakat mengikuti perintah sholat dalam alquran. Salah satu ayat tersebut berbunyi:

خُذْ مِنْ أَمْوَلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُ هُمْ وَ تُزَ كِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيهِمْ إنَّ صَلَوتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللهُ سَمِيعٌ عَلِيمُ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.(QS. At-Taubah: 103)

sebagaimana perintah allah tentang berzakat yang tertuang dalam 26 ayat alquran, berikut 13 keutamaan menunaikan zakat,

  1. Menyempurnakan keislaman seorang hamba
  2. Menunjukkan benarnya iman seseorang
  3. Membuat keimanan seseorang menjadi sempurna
  4. Sebab masuk surga
  5. Menjadikan masyarakat Islam seperti keluarga besar (satu kesatuan)
  6. Memadamkan kemarahan orang miskin
  7. Menghalangi berbagai bentuk pencurian, pemaksaan, dan perampasan
  8. Menyelamatkan seseorang dari panasnya hari kiamat
  9. Seseorang akan lebih mengenal hukum dan aturan Allah
  10. Menambah harta
  11. Merupakan sebab turunnya banyak kebaikan
  12. Zakat akan meredam murka Allah
  13. Dosa akan terampuni

Bahkan di whatsapp baru baru ini beredarpesan tentang “Jangan Bangga Dengan Banyak Shalat, Puasa Dan Zikir Karena Itu Semua Belum Membuat Allah  Senang” dan di paragraf selanjutnya diinformasikan bahwa “Allah : Sedekah, Infaq, Zakat serta Perbuatan Baikmu. Itulah yang membuat AKU senang, karena tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang susah, AKU hadir disampingnya. Dan AKU akan mengganti dengan ganjaran 700 kali (Al-Baqarah 261-262)”

700 kali ganjaran yang allah terangkan dalam alquran, tapi seakan pahala atau ganjaran ini tidak banyak orang rindukan, apakah karena belum tahu? Belum terbiasa? Atau belum mau?

Untuk mengakomodasi niat mulia para muzaki (pembayar zakat) diindonesia saat ini sudah banyak lembaga amil zakat yang siap menampung dan mendistribusikan zakat infak dan shadaqoh kepada yang berhak diantaranya BAZNAS, Rumah Zakat Indonesia, Daarut Tauhid, Dompet Dhuafa Republika, lazisnu, lazismu dan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed