oleh

Gerakan Pungut Sampah warnai Jalan Sehat, Anggota DPRD Ini Patut Dicontoh

GARUT, KAPERNEWS. COM – 1 muharam merupakan awal tahun bagi umat islam diseluruh dunia berbagai macam carapun dilakukan untuk memeriahkannya salah satunya gerakan pungut sampah dilakukan warga kampung Joglo Kecamatan Karangpawitan yang mengikuti gerak jalan sehat dimana salah seorang anggota DPRD Garut dari Fraksi PDI P, Yudha Puja Turnawan ikut terlibat didalamnya, minggu (23/09) Pagi.

Jalan Sehat yang di ikuti sekitar 700 peserta tersebut terdiri dari kalangan tua maupun muda. dalam rengiat jalan sehat yang melibatkan warga Kampung Joglo tetsebut nampak Panitia telah menerapkan peraturan positif sebagai simbol pesan moral .

Seluruh peserta di wajibkan memungut sampah yang bertebaran di sepanjang jalan, dan hal itu di benarkan Yuda Puja Turnawan saat di wawancarai sejumlah awak media.

Yudha menjelaskan disela kegiatan jalan sehat tersebut adalah dalam rangka memperingati 1 Muharam.
Kegiatan ini sama dengan rangkaian kegiatan Garut bersih pada saat memperingati HUT RI kemarin.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama yang telah dilakukan pada saat HUT RI kemarin” ucapnya.

Lebih lanjut, Yudha pun memaknai memperingati 1 muharam 1440 Hijriah ini dengan makna, hijrah amalan kita di tahun baru islam ini harus lebih baik lagi, selain itu Yudha juga ingin memberikan spirit ke masyarakat bahwa kebersihan Garut adalah tanggungjawab bersama.

“Yang saya tekankan ke masyarakat untuk memaknai jalan santai ini selain menyehatkan juga bersih-bersih memungut sampah terutama sampah pelastik, karena sampah pelastik. 50% sampah pelastik bermuara di laut melalui sungai-sungai,” ujarnya.

Yudha pun menjelaskan bahwa sampah plastik tidak seperti sampah yang lain, walau ditanam 500 tahun belum tentu bisa lebur, oleh karena itu pungut sampah plastik dan kita daur ulang, sehingga kontek tahun baru islam ini agar masyarakat diberi perlindungan dan lingkungan bersih dari kotoran dan sampah, terutama sampah plastik karena dapat mengancam generasi yang akan datang, setiap sampah plastik yang berhasil di pungut dan dikumpulkan lalu disetorkan ke panita.

Untuk lebih menggairahkan acara tersebut, tak segan-segan Yudha pun memberikan sebuah lemari es dan televisi untuk hadiah utama dan kedua.

 

Laporan : Oki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed