oleh

Sektor 7 Satgas Citarum Sub Pangauban Berikan Edukasi Tentang Sampah

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting. Selain untuk menjaga diri, kebersihan bisa mengurangi risiko terpapar virus atau kuman. Di tengah pandemi virus corona penyebab Covid-19, masyarakat harus selalu memperhatikan kebersihan diri sendiri dan lingkungannya.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, ” masyarakat diminta sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer hingga terus memakai masker agar terhindar dari virus corona. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman tentu menjadi kewajiban setiap orang. Namun, kadang masih ada segelintir orang yang kurang menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan.

Dikatakan Dansektor, ” Dansub Pangauban Sektor 7 Serda Deni Karyana bersama anggota melihat sampah menumpuk di tempat pembuangan sampah di Kampung Bojongbuah Desa Pangauban yang berserakan sampai ke badan jalan inspeksi Sungai Citarum. Hal ini membuat jalan sedikit terhambat dan juga dapat menimbulkan penyakit baik bagi pengguna jalan maupun bagi warga masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi tempat pembuangan sampah tersebut. Tempat sampah yang berlokasi di Kampung Bojongbuah Desa Pangauban Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung ini sangat kecil kapasitas daya tampungnya sehingga bila sampah penuh maka akan berserakan sampai ke badan jalan, Jum’at (25/6/2021).

Serda Deni Karyana memberikan edukasi kepada Bapak Tatang berikut 4 orang petugas pengelola sampah diantaranya tentang jenis sampah yaitu Sampah anorganik dan Sampah organik. Sampah padat (anorganik) dimana sampah ini sulit diuraikan oleh mikroorganisme yang ada di tanah, seperti bahan logam, plastik, kaca, karet dan kaleng. Demikian sampah organik atau sampah yang bisa diuraikan, tidak tahan lama atau cepat membusuk, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, sisa makanan, daun dan lain-lain.

Edukasi lain yang diberikan seperti pencemaran udara, seperti yang terlihat masih membakar sampah serampangan sehingga berdampak menimbulkan asap di udara. Kemudian sampah masih berserakan sampai ke badan jalan inspeksi, di sini masih terlihat masih kurang sadarnya warga masyarakat membuang sampah sampai ke tempatnya, sehingga perlu penanganan cepat oleh petugas sampah untuk segera terangkut ke Truk Sampah untuk dibuang ke TPA akhir.

Setelah pemberian edukasi sampah, Dansub dan anggota serta petugas sampah bersama-sama dengan semangat gotong-royong memindahkan sampah dari tempat pembuangan sampah ke truk sampah agar tumpukan sampah tidak lagi menutupi jalan inspeksi Sungai Citarum. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed