oleh

Tumbuhan Vetiver  Jadi Andalan Di Wilayah Sub 05 Sektor 7 Satgas Citarum

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Ada apa dengan Vetiver ? Vetiver adalah tanaman sejenis rumput. Diketahui bahwa tanaman rumput Vetiver ini sangat memberikan dampak instan mencegah adanya longsor akibat terkikisnya air sungai. Mengapa demikian, dikarenakan tanaman rumput Vetiver ini memiliki akar yang panjang dan mencengkeram dengan kuat ke dalam tanah. Apabila sudah tumbuh dengan baik maka bibitnya bisa diambil dan ditanam kembali. Daya cengkeraman nya bisa sampai 2,5 Meter – 3 Meter ke dalam tanah, sehingga tanah yang terkikis oleh air tidak akan longsor karena ada tanaman rumput Vetiver menahannya.

Wilayah Sektor 7 Satgas Citarum memiliki Sub-sub Sektor berada di bantaran Sungai Citarum dan 2 Sub Sektor seperti Sub Andir dan Sub Bojongmalaka yang bantaran sungainya dibuatkan tanggul beton. Adapun fungsi tanggul beton tersebut sebagai penahan air sungai agar tidak masuk ke jalan maupun ke perkampungan.

Di Sub Andir adalah salah satu wilayah yang sering terjadi banjir karena turun hujan yang begitu lama dan juga luapan debit air Sungai Citarum meningkat serta habisnya tanah bantaran karena terkikis air sungai secara instan. Oleh karenanya Sub Andir perlu memberikan edukasi kepada warga masyarakat tentang pentingnya penanaman Vetiver agar bantaran sungai tidak longsor dan terkikis habis oleh air sungai.

Serma Emil selaku Dansub 05 Sektor 7 mengajak warga RW. 03 Kampung Parunghalang Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kerja bakti yakni pembabatan rumput di bantaran sungai, membuka lahan baru untuk penanaman di bantaran sungai, pemberian edukasi tentang penanaman Vetiver dan dilanjutkan dengan penanaman nya di pinggiran bantaran sungai, Kamis (25/11/2021)

Perlu diketahui bahwa wilayah Kampung Parunghalang berdekatan dengan proyek pembangunan Kolam Retensi Andir dan pembangunan Polder Cisangkuy, yang mana diperkirakan pembangunan tersebut selesai di akhir Desember Tahun 2021. Memang dilihat dengan adanya proyek pembangunan Kolam Retensi, Polder-polder dan tanggul beton tersebut diharapkan wilayah Andir aman dan bebas banjir, namun demikian bantaran sungai juga perlu diperhatikan terkait longsoran dan kikisan karena air sungai sehingga perlunya upaya penanaman rumput Vetiver di bantaran sungai.

Upaya penanaman Vetiver ini tentunya perlu bibit Vetiver, sehingga bibit Vetiver diambil dari Vetiver-vetiver yang sudah tertanam sebelumnya pada tahun 2020 dan awal tahun 2021 yang tumbuh dengan baik dan lebat di pinggir bantaran Sungai Citarum kemudian ditanam kembali serta dipelihara agar tumbuh subur. Terlihat anggota Sub 05, para Relawan Citarum dan warga masyarakat RW 03 Kampung Parunghalang dengan semangat dan tidak mengenal lelah menanam Vetiver setelah mendapatkan edukasi penanaman rumput Vetiver. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed