oleh

Dansektor 7 Tinjau Bangun Saung Sub 10 Sektor 7 Satgas Citarum Di Bantaran Sungai

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Saung adalah sebuah kata dalam bahasa Sunda yang artinya rumah atau gubug kecil, biasanya kata saung digunakan untuk menyebut sebuah gubug kecil yang ada di luar rumah seperti di sawah, ladang, kebun yang terpisah dari bangunan rumah.

Saung juga biasa dipakai sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain seperti tempat ngobrol, pertemuan dan lain-lain. Dari arti atau makna Saung di atas maka Sub 10 Sektor 7 Satgas Citarum perlu adanya Saung sebagai tempat istirahat setelah kegiatan berkebun atau bercocok tanam di lahan Bios bantaran Sungai Citarum Sub Pangauban.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson mengatakan,” Dansub 10 Sektor 7 Serda Karyana bersama anggotanya dibantu para Relawan Citarum melaksanakan kegiatan membangun Saung di bantaran Sungai Citarum RW. 01 Kampung Bojong Buah Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Jum’at (27/8/2021).

“Kegiatan membangun Saung ini dilaksanakan setelah kegiatan pokok selesai seperti pembersihan anak Sungai Citarum yaitu Sungai Cikambuy, pembersihan/penanaman/perawatan/pemeliharaan tanaman di lahan Bios dan pembersihan sampah-sampah di bantaran sungai,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Serda Deni Karyana menyampaikan, sejak terbentuknya Sektor 7 Satgas Citarum ini hanya Sub Pangaubanlah yang belum ada Saungnya sehingga saat bekerja apabila turun hujan tempat berteduh tidak ada dan saat jam istirahat tempat istirahat pun juga tidak ada”.

Ia juga menuturkan, pembangunan Saung ini bentuknya sangat sederhana dari hasil swadaya sendiri. Saung ini sama seperti Saung-saung lainnya di Sub-sub jajaran Sektor 7. Nantinya Saung di Sub 10 Sektor 7 ini multi fungsi dan multi manfaat. Bisa sebagai tempat istirahat/berteduh, bisa sebagai pemantau debit air Sungai Citarum, bisa sebagai pos BPBD, bisa sebagai pemantau Jembatan Cilampeni dan masih banyak lagi fungsi dan manfaat lainnya”.

Sub 10 ini tempatnya sangat strategis karena perbatasan antara Sektor 7 dan Sektor 8, seberang Sungai Citarum merupakan Markas TNI AU Lanud Sulaiman, terdapat Jembatan Cilampeni sebagai penghubung jalan antar Kota Bandung/Kabupaten Bandung dan terdapat jalan inspeksi pintu masuk ke wilayah Desa Pangauban Kecamatan Katapang. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed