oleh

Sub 01 Dan Sub 06 Sektor 7 Satgas Citarum Pelihara Tanaman Vertiver

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Bencana selalu ditandai dengan bergeraknya tanah dari posisi awal ini memang menjadi perhatian banyak orang, tak terkecuali pemerintah. Sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalkan terjadinya bencana ini. Salah satu cara yang cukup menarik dan menjadi perhatian banyak pihak ialah melakukan penanaman tumbuhan vetiver. Tak luput dari pemantauan Satgas Citarum dan jajarannya tentang vetiver ini untuk ditancapkan di sepanjang Sungai Citarum.

Beberapa bulan yang lalu masih di Tahun 2021, Sektor 7 Satgas Citarum Harum menanam rumput Vetiver sekitar lebih kurang 8.000 bibit Vetiver yang merupakan bantuan dari Citarum Care–Vetiver Indonesia, dimana bibit Vetiver tersebut sudah ditanam di bantaran Sungai Citarum wilayah Sub 01, Sub 03, Sub 05, Sub 07, Sub 08 dan Sub 09 jajaran Sektor 7 Satgas Citarum.

Diketahui bahwa tanaman rumput Vetiver saat ini telah tumbuh dengan baik dan sangat memberikan dampak instan mencegah adanya longsor akibat terkikisnya tanah oleh air sungai. Vetiver memiliki akar yang panjang dan mencengkeram dengan kuat kedalam tanah.
Sub 01 dan Sub 06 Sektor 7 Satgas Citarum kini memelihara dan merawat tanaman vetiver tersebut. Tanaman Vetiver terlihat tumbuh luar biasa subur, lebat dan sehat, Rabu (1/9/2021).

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano memerintahkan jajaran Sub-sub Sektor agar selalu memelihara tanaman rumput Vetiver dengan memangkas atau memotong, merapikan tanaman rumput Vetiver yang berada di bantaran Sungai Citarum.

Tanaman Vetiver bagi Sungai Citarum dinilai sebagai salah satu jenis tanaman yang berguna untuk mencegah longsor. Selain itu, tanaman ini pun bisa mereduksi dampak pencemaran limbah yang sangat berbahaya. Dansub 01 Sektor 7 Serma Erfin di Dayeuhkolot dan Dansub 06 Sektor 7 Serda Subagyo di Bojongmalaka menyebutkan bahwa tanaman Vetiver ini ditanam pada awal Tahun 2020 dan ada yang ditanam sekitar Maret 2021 terlihat dengan kondisi saat ini sangat subur dan lebat tertanam di bantaran Sungai Citarum, sudah terbukti bahwa dapat mencegah erosi, mencegah terkikisnya tanah bantaran sungai dan bisa menghambat bila terjadi banjir bandang. Kini kami anggota Sub Sektor dan para Relawan Citarum merawat, memelihara, memangkas dan merapikan tanaman vetiver yang ada di bantaran sungai wilayah kami. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed