oleh

Aksi Satgas Citarum Sub Andir Sektor 7 Bercocok Tanam Di Bantaran Sungai Citarum

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Sungai Citarum yang berada di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum, bantaran sungainya dimanfaatkan untuk berkebun atau bercocok tanam sebagai wujudkan ketahanan pangan di wilayah setempat.

Anggota Sub Andir Sektor 7 bersama Relawan Citarum selalu peduli akan lingkungan dan melaksanakan kegiatan pertanian dengan menanam sayur-sayuran, palawija, apotik hidup dan budi daya ikan lele.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, ” pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan hasilnya akan dimanfaatkan dan dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya “.

Ia juga katakan, ” Pelda Dodi Daodi Dansub Andir Sektor 7 bersama para anggotanya di Kampung Parunghalang Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan aksi penanaman seperti kacang tanah, sayuran pakcoy dan sayuran sosin, Senin (16/8/2021).

” Beberapa hari yang lalu, Sub Andir juga melaksanakan kegiatan panen jagung dengan bobot sekitar 150 Kg di Lahan Bios Sub Andir. Tempat panen jagung kali ini kembali diolah untuk ditanami kacang tanah dan sayur-sayuran, ” terangnya.

Menurut Dansektor 7, ” dilahan bantaran sungai lainnya masih banyak lagi tanaman jagung dan masih dalam proses pertumbuhan, dalam waktu yang tidak lama lagi akan panen juga. Sub Andir ini sudah beberapa kali panen, seperti panen jagung, panen kacang tanah, cabe, terong dan masih banyak lagi tanaman sayuran lainnya termasuk juga panen ikan lele.

Ia juga tidak bosan-bosannya memerintahkan jajarannya untuk manfaatkan lahan di bantaran Sungai Citarum untuk dijadikan lahan pertanian.

Dansektor juga menyerukan,” ajak selalu warga masyarakat untuk ikut mengolah lahan dibantaran seperti penanaman, perawatan atau pemeliharaan sampai dengan panen.

Dansektor 7 juga bangga, kehadiran Satgas Citarum Harum Sektor 7 disini dapat memberi manfaat bagi warga masyarakat sekitar bantaran Sungai Citarum terlihat Sungai Citarum menjadi bersih, lingkungan juga bersih dan lahan bantaran Sungai Citarum dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam atau berkebun dan dapat bisa menghasilkan.

Selain itu, Dansub Andir juga selalu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bercocok tanam atau berkebun dengan memanfaatkan lahan bantaran sungai citarum, agar masyarakat ikut aktif dalam menjaga lingkungan disekitar tempat tinggalnya. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed