oleh

Satgas Saber Sampah Blora Dikukuhkan Bupati di Bawah Jembatan Kali Lusi

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora H Arief Rohman, beserta Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan jajaran OPD Blora melakukan pengukuhan Satgas Sapu Bersih (Saber) Sampah Liar dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora bertempat di bawah jembatan Kali Lusi Kaliwangan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum’at (8/10/2021) 08.00 WIB pagi.

Para pecinta kebersihan membentuk tim sapu bersih sampah liar, karena di beberapa titik di Blora diketahui masih minim kesadaran tentang membuang sampah pada tempatnya.

“Tugasnya memantau kalau ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dan berfungsi untuk mengkoordinasikan dengan dinas yang ada yaitu DLH serta petugas kebersihan untuk melakukan bersih-bersih sampahnya,” terang Bupati Blora yang akrab disapa dengan Gus Arief.

Acara pengukuhan Satgas Saber Sampah Blora

Gus Arief menambahkan, bahwa pemerintah berharap masyarakat mempunyai kesadaran menjaga kebersihan lingkungan di Blora, dengan lahirnya bank-bank sampah dan TPA yang dikelola dengan baik.

“Intinya ingin Blora itu bersih, kita dukung sekali teman-teman relawan yang punya kesadaran untuk menjadi Satgas Sapu Bersih Sampah Liar,” tambahnya.

Rencana titik di Blora yang ditangani lebih awal adalah aliran sepanjang sungai Lusi yang berada di Kaliwangan, kemudian Grojogan yang harusnya dijadikan perhatian dan beberapa titik di daerah aliran sungai, di Beran juga tidak luput dari pantauan Satgas Saber Sampah.

Diketahui, produksi sampah yang masuk ke TPA Blora sebanyak 34 ton perhari. Diharapkan dengan adanya TPA modern nanti sampah bisa diolah menjadi kompos dan lain sebagainya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Sugiyono menjelaskan relawan yang tergabung dalam acara pengukuhan Saber Sampah dari berbagai komponen yang sebelumnya sudah peduli terhadap lingkungan.

“Kita rekrut agar lebih terkoordinir, karena mereka sudah terbiasa menangani sampah-sampah liar. Insyaallah nanti di Cepu juga dibuat seperti ini, sehingga kita nanti punya beberapa satgas untuk menanggulangi sampah-sampah liar itu,” terangnya.

Senada dengan yang disampaikan, Koordinator Satgas Saber Sampah Santoso menjelaskan kegiatan pengukuhan tim Saber Sampah.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Semoga ini bisa menjadikan inspirasi bagi masyarakat Blora untuk tidak membuang sampah sembarangan, mencintai dan peduli lingkungannya. Semoga dengan dukungan dari masyarakat Blora semua, tim Saber Sampah bisa menjadikan Blora menjadi bersih dan hijau,” tutupnya.

Selepas acara pengukuhan Satgas Saber Sampah dilanjutkan dengan acara Jum’at Bersih dengan bersama melakukan kegiatan bersih-bersih di bawah jembatan Kaliwangan Blora.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed