oleh

Antisipasi Hujan Sektor 7 Satgas Citarum Patroli Sungai

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Sedia Payung Sebelum Hujan, peribahasa yang tepat buat Sektor 7 dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Dansektor 7 Satgas Citarum telah melakukan pengecekan seluruh Sub-sub Sektor terkait upaya dalam menghadapi musim penghujan. Wilayah Sektor 7 yang merupakan langganan banjir adalah Dayeuhkolot dan Andir. Sudah ada upaya dari Pemerintah dalam mengatasi banjir tersebut seperti adanya pembangunan kolam retensi di Andir dan pembangunan polder-polder seperti di Andir, Ex Mayonzipur 3, Bojongasih dan Cijambe.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano melakukan upaya langkah-langkah seperti pengecekan pengerukan sedimentasi dan penataan bantaran Sungai Citarum oleh alat berat (excavator), yang saat ini sedang operasional di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Baleendah dan di Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupatan Bandung, Senin (25/10/2021)

Adapun pengecekan dilakukan ke setiap Sub-sub Sektor untuk mempersiapkan menghadapi hujan dan sekaligus untuk mengetahui progres yang dilakukan oleh anggota di lapangan dalam penanganan anak-cucu sungai yang muaranya ke Sungai Citarum. Baru saja Dansektor 7 melakukan pengecekan kondisi anak cucu Sungai Cipalasari di Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot dan anak cucu Sungai Cigurian di Desa Cangkuang Wetan, terlihat sampah menumpuk dan aliran air anak sungai tersebut tidak lancar sehingga dilakukan penanganan agar tidak berdampak banjir.

Dansektor 7 memberikan support dan semangat kepada para anggotanya yang sedang membersihkan anak cucu sungai tersebut. Para anggota Sektor dan para Relawan Citarum sudah beberapa hari ini melaksanakan patroli sungai focus bersih-bersih anak cucu sungai. Semuanya adalah untuk mengantisipasi pencegahan terjadinya banjir. Apabila aliran air anak cucu Sungai Cipalasari dan anak Sungai Cigurian serta Sungai Citarum naik inilah yang membuat rumah-rumah sekitarnya kebanjiran. Semoga saja pembangunan polder cepat selesai akhir tahun ini dengan harapan tidak terjadi banjir lagi.

Selain Patroli Sungai dalam mengantisipasi banjir Sektor 7 sudah siap dengan 1 unit perahu Katamaran dan operatornya. Disamping itu juga Taman atau Saung dari masing-masing Sub Sektor yang berada di Bantaran Sungai Citarum juga bisa difungsikan sebagai tempat evakuasi. Dan tak kalah pentingnya Sektor 7 memiliki 3 alat berat (Excavator) yang siap mendukung bila terjadi bencana. Dansektor 7 selalu mengingatkan para anggotanya agar selalu berdoa, jaga kesehatan dan selalu perhatikan faktor keamanan selama melaksanakan tugas sebagai Penjaga Sungai Citarum. (Pendam III/Siliwangi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed