oleh

Rumah Dinas Wakil Bupati, Rumah Bergaya Indiesche Empire Abad 18

BLORA, KAPERNEWS.COM – Rumah ini terletak di Jl. Pemuda No. 15A Blora. Tipe bangunan bergaya Indiesche Empire paduan arsitektur klasik Eropa dengan kondisi yang masih cukup terawat dengan baik. Diperkirakan dibangun pada abad ke 18-19. Ciri bangunan adanya kolom-kolom, terdpat gevel-gevel, teras depan, tampak simetris, batu bata pada kolom dan tembok, bahan utama kayu pada kuda-kuda, kusen dan pintu. Termasuk yang menonjol terlihat pada facade depan dengan hiasan dari ornamen yang raya serta pilar-pilar bergaya Korintea dan Doria.

Tampak pintu depan rumah dinas Wakil Bupati Blora

Pada bagian depannya juga terdapat tiga pintu besar ganda berjajar, dengan bagian dalam berbalut kaca dan kayu jati utuh. Berdiri di atas tanah seluas ± 1.500 m² dengan luas bangunan ± 700 m².

Bagian paling menarik dari bangunan ini adalah gambaran ornamen pada bagian atap, berupa patung malaikat kecil dengan sulur tumbuhan, yang menggambarkan harapan perlindungan dan kesejahteraan bagi penghuninya. Bangunan ini terdiri dari bangunan utama yang terdiri dari 4 kamar, serta teras depan dan belakang. Fasilitas tambahan berupa ruang makan, toilet didalam kamar, dapur, garasi dan gudang.

Ruangan dalam rumah dinas

Sejarah penggunaan bangunan ini sebelum digunakan sebagai Rumah Dinas Wakil Bupati Blora antara lain digunakan sebagai Kantor Perijinan, Kantor Bappeda, dan pernah disewa oleh perusahaan minyak milik Grup Humpuss.

Namun, konon di era tahun 1786 ada kisah misteri satu keluarga Belanda yang menyebabkan rumah ini mempunyai tabir yang belum terkuak hingga sekarang.

Untuk info selengkapnya kunjungi:
https://dinporabudpar.blorakab.go.id/

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed