oleh

Bupati Yaumil Kukuhkan Komunitas Petani Walet Pasangkayu

PASANGKAYU, KAPERNEWS.COM – Salah satu obyek baru peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), adalah berkembangnya budidaya sarang walet di kabupaten penghasil sawit ini. Itu ditandai dengan terbentuknya Komunitas Petani Walet Pasangkayu (Kopewapas) yang pelantikan dan pengukuhannya oleh Bupati Pasangkayu, H. Yaumil Ambo Djiwa, SH. di Aula Kantor Camat Pasangkayu, Selasa (25/01/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yaumil sampaikan ucapan selamat dan sukses komunitas petani walet yang telah dilantik dan dikukuhkan tersebut. Atas nama pemerintah daerah, Bupati Pasangkayu ini apresiasi dan mendukung sepenuhnya adanya Kopewapas di Pasangkayu.

 

Bupati Pasangkayu , Yaumil Ambo Djiwa berafoto bersama komunitas petani walet pasangkayu (Kopewapas)

“Semoga dengan adanya komunitas ini bisa membuahkan hasil yang bagus untuk menambah kontribusi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu. Karena untuk hal ini sudah ada Perda (Peraturan Daerah, red.) terkait sarang burung wallet, sudah ada besaran pajaknya. Besaran pajak burung walet akan direvisi lagi agar tidak memberatkan petani sarang burung walet yang ada di Pasangkayu ini nantinya,” tandasnya.

 

Sementara, Mansur, salah satu pengurus Kopewapas yang baru dilantik kepada wartawan katakan, dengan terbentuknya Kopewapas ini, pihaknya berharap bagaimana harga sarang walet bisa stabil dalam meningkatkan kesejahteraan petani budidaya sarang burung walet di kabupaten Pasangkayu.

“Kami juga berharap ke depan supaya bisa ekspor sarang burung walet, para petani di Pasangkayu bisa melakukannya atas kerjasama dengan Pemerintah daerah, agar pendapatan asli daerah (PAD) dari petani budidaya sarang burung walet juga bisa dimaksimalkan,” tutup Mansur.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed