oleh

Peduli Ketahanan Pangan, Mahasiswa IPB University Adakan Gerakan Anti Food Waste di Desa Sukawening 

BOGOR, KAPERNEWS.COM –Mahasiswa IPB University melakukan program “PERAN : Pendidikan Ramah Pangan”, yang merupakan rangkaian kegiatan Mahasiswa Mengabdi Reguler yang sedang dilaksanakan selama beberapa waktu kedepan di Desa Sukawening, Bogor. Kegiatan kali ini memiliki tema Food Waste. Kelompok mahasiswa Mengabdi Reguler BEM FEMA yang sedang melakukan tugas di Desa Sukawening terdiri atas Fatima Auliya Zahra, Mohammad Akbar Fachtur Rohman, Hasnaninda Danastri Meiditya, Dwita Putri Rochmadhona, dan Alvi Junia Chania. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan dengan kolaborasi bersama dengan IPB Mengajar.

Kegiatan Pendidikan Ramah Pangan dilakukan di Madrasah Al-Ikhlas, Dramaga, Bogor pada Minggu, (30/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa/i Madrasah Al-Ikhlas.

 “Kegiatan Pendidikan Ramah Pangan dilakukan untuk mengedukasi terkait pengetahuan Food Waste bagi anak-anak di madrasah. Kegiatan ini juga dilakukan guna meningkatkan kesadaran anak-anak untuk senantiasa menghabiskan makanan yang dikonsumsi guna meminimalisir sampah makanan yang terbuang. Sebagai wujud kepedulian kami mahasiswa kepada anak-anak di Desa Sukawening, kami bekerjasama dengan Madrasah Al-Ikhlas Desa Sukawening untuk dapat melaksanakan kegiatan Pendidikan Ramah Pangan”, ungkap Fatima selaku ketua kelompok mahasiswa.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak Madrasah Al-Ikhlas mengetahui pentingnya menghabiskan makanan, makan secukupnya sesuai porsi yang sanggup dihabiskan, dan membeli makanan secukupnya. Para siswa sangat antusias dengan adanya kegiatan Pendidikan Ramah Pangan ini. Selain edukasi terkait Food Waste, masih banyak rangkaian acara yang diikuti, diantaranya games edukatif perjalanan makanan untuk menunjang kegiatan agar para siswa lebih interaktif dan mengetahui proses suatu makanan dari awal hingga akhirnya dapat dikonsumsi dan pembagian susu untuk mengaplikasikan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi pangan sehat.

Setelah kegiatan dilakukan, kelompok mahasiswa Mengabdi Reguler BEM FEMA membagikan susu dan camilan sehat kepada siswa/i Madrasah Al-Ikhlas dan mengajak kepada seluruh siswa/i untuk mempraktikkan langsung konsumsi pangan sehat dan menghabiskan makanan tersebut sehingga mengurangi dampak Food Waste

Tanggapan positif datang dari Milah, salah satu guru Madrasah Al-Ikhlas. Ia menyebut, permainan dan informasi yang disampaikan mahasiswa Mengabdi Reguler BEM FEMA bermanfaat dan menarik bagi anak-anak, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dan antusias.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan siswa/i Madrasah Al-Ikhlas dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya dan menghabiskan setiap makanan yang dikonsumsi agar meminimalisir dampak Food Waste dan anak-anak dapat mengetahui perjalanan makanan dari mulai ditanam, dipanen, dijual, hingga dikonsumsi di rumah masing-masing, sehingga anak-anak akan lebih peduli dan sadar akan pentingnya menghabiskan makanan dan membeli makanan secukupnya. Khususnya anak-anak di Desa Sukawening. (Fatima A. Z.) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed